Thursday, February 26, 2015

Tips Mempercepat Koneksi Internet dengan SSH

Internet sudah menjadi pelengkap sembilan bahan pokok sehari-hari. Kini internet sudah menjangkau setiap aspek kehidupan. Pada sesi bagi tips kali ini akan saya sharingkan tentang salah satu cara mempercepat koneksi internet menggunakan SSH. Trik ini bisa digunakan ketika sinyal modem full namun koneksi internet masih juga lambat. Untuk yang sinyalnya pas-pasan tidak cocok menggunakan cara ini dan sebaiknya fokus mada kuat sinyalnya dulu.

Koneksi internet yang lambat tentu menjengkelkan kita. Boring rasanya saat melihat browser cuma muter-muter dan harus nunggu lama sampai website terbuka. Apalagi setelah menunggu ternyata halaman website gagal dimuat dan ujung-ujungnya kita tidak bisa memperoleh informasi yang kita butuhkan saat itu. Kejengkelan kita bertambah ketika cek kuota masih full dan melihat bar sinyal mentok di level maksimal.

Apa sebenarnya yang membuat internet kita lambat jika kuota masih full dan sinyal sudah bagus, sebagus-bagusnya?

Salah satu jawaban yang sering di berikan adalah karena pengguna internet padat jadi beban koneksi pada BTS tinggi dan kita harus antri untuk mendapatkan akses internet. Ini bisa jadi benar namun bagaimana jika internet di pagi hari saat masih sepi kok masih lambat juga? Kan saat itu pengguna belum banyak dan tentunya beban BTS masih rendah dong.

Satu lagi penyebab internet lambat menurut pengalaman saya (kebetulan saya menggunakan Three) adalah sistem koneksi yang diterapkan oleh provider. Sistem ini seperti misalnya pada Three kalau kuota habis akan diarahkan pada halaman peringatan kalau kuota habis. Juga pada paket AON yang meskipun kuota habis masih dapat membuka 11 situs seperti Google, Facebook dan lain-lain. Sistem koneksi pada provider ini lah yang menurut saya juga menjadi penyebab mengapa internet lambat.

Untuk mengatasi sistem koneksi pada provider yang membuat lambat ini salah satunya saya trik dengan menggunakan SSH. SSH adalah singkatan dari Secure Shell, yaitu sebuah koneksi aman yang berbasis perintah shell atau command text. Koneksi SSH ini bisa digunakan untuk mentransfer file, menjalankan program, forward TCP/IP dan lain-lain.

Dengan koneksi SSH maka yang bertugas membuka setiap halaman atau alamat website adalah komputer server SSH. Kemudian kita hanya perlu terhubung dengan komputer SSH server untuk dapat mengakses website tersebut. Dengan demikian, koneksi internet yang diperoleh akan lebih stabil, karena komputer server SSH (VPS) mempunyai koneksi intenet yang lebih cepat dan stabil, misalnya ada yang mencapai kecepatan 100Mbps.

Cara Menggunakan SSH Client Bitvise Tunnelier

Untuk menggunakan SSH, kita perlu menginstal software SSH Client lebih dahulu. Software SSH Client yang paling populer dan bisa berjalan pada komputer Windows dan Linux adalah Bitvise Tunnelier. Untuk cara instal Bitvise Tunnelier dapat dilihat disini.

Setelah menginstal SSH Client, selanjutnya kita harus mempunyai akun SSH yang nantinya dipakai untuk konek ke server SSH. Akun SSH ini bisa berbayar, artinya harus beli dan juga ada yang gratis. Kita bahkan bisa membuat sendiri akun SSH gratis seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara membuat akun SSH gratis.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan akun ke software Bitvise Tunnelier SSH Client, kemudian melakukan setting dan koneksi ke browser. Untuk penjelasan lengkap setting SSH mulai dari konek sampai terhubung ke browser dapat dilihat pada artikel Cara Menggunakan Bitvise Tunnelier SSH Client.

Kecepatan yang saya maksud disini bukanlah hasil dari speedtest atau kecepatan download. Setelah menggunakan SSH, akses internet kita akan lebih stabil dan cepat dalam membuka setiap website. Namun kecepatan masih tetap bergantung kepada jaringan internet yang kita gunakan. Semoga cara ini bisa membantu teman-teman yang sedang kesulitan akses internet.

Note: 
Cara ini sudah saya coba ketika mengalami kesulitan login pada vivalog. Sebelum menggunakan SSH, saya selalu gagal login vivalog dan mengakibatkan tidak bisa submit artikel. Setelah menggunakan SSH, halaman website vivalog bisa saya buka dengan lancar dan akhirnya berhasil melakukan submit artikel, salah satu contohnya ini.

0 komentar

Post a Comment