Saturday, February 28, 2015

Mesin Pencari Tetap Nomor Satu

Jika pada artikel sebelumnya saya menulis tentang VIVAlog, maka pada tulisan ini anda akan saya ajak untuk ke dunia nyata, yaitu realita dari sebuah blog yang sebenarnya. Yaitu kenyataan bahwa traffic pengunjung blog yang alami sebagian besar dihasilkan dari mesin pencari. Artinya apa, pengunjung menemukan blog kita saat dia mencari dengan sebuah kunci pada mesin pencari.

Pada tulisan sebelumnya saya sampaikan jika sebuah artikel berhasi dimuat pada VIVAlog maka dipastikan akan ada tambahan pengunjung khususnya pada saat artikel itu dipublikasikan. Ini memang benar adanya dan sudah saya buktikan. Namun apakah hal itu akan abadi, ternyata tidak.

statistik blog nulis-ilmu
Statistik blog nulis-ilmu per 28-02-2015
Pada statistik diatas terlihat pada tanggal 27-02-2015 terjadi lonjakan traffic yang luar biasa dari hari-hari sebelumnya. Ini terjadi karena saat itu artikel saya tentang "3 Tips Sederhana Membuat Battery Laptop Panjang Umur" diterima dan ditampilkan di VIVAlog. Tapi yang terlihat setelahnya adalah traffic kembali "normal" ke masa-masa seperti sebelumnya.

Hal ini terjadi karena pengunjung VIVAlog membaca artikel yang "disuguhkan", bukan karena dia mencari. Dan ketika masa tayang artikel kita sudah bergeser dari halaman depan, maka traffic akan menurun dengan sendirinya. Untuk bisa setiap hari menayangkan artikel di VIVAlog rasanya kurang realistis terutama untuk blogger pemula dan masih awam seperti saya.

Trafic sebuah blog yang alami adalah yang dihasilkan dari mesin pencari. Mengapa demikian, ini berkaitan dengan prinsip dasar kehidupan yaitu saling tolong menolong. Artinya disaat seseorang mencari solusi atau pencerahan terhadap sebuah masalah di internet maka dia akan mencari di mesin pencari. Bagi siapapun yang tampil teratas dalam pencarian, itulah dianggap paling relevan dengan masalah yang dia hadapi dan tentunya akan di-klik dan dibaca.

Oleh sebab itu faktor optimisasi mesin pencari (SEO) sebuah artikel sangatlah penting, karena jika kita berhasil tampil teratas untuk banyak kata kunci pada mesin pencari maka dipastikan pengunjung kita akan naik. Untuk optimisasi mesin pencari atau SEO dapat dibaca pada artikel tentang apa itu SEO dan penerapannya pada blog.

Jadi meskipun hal-hal seperti membagikan artikel di VIVAlog, Facebook dan Twitter dapat meningkatkan kunjungan di blog, namun tetap saja faktor mesin pencari masih menjadi nomor satu dalam mendatangkan pengunjung ke blog kita. Untuk itu tetaplah konsisten menulis artikel dengan memperhatikan faktor SEO agar "menang" di mesin pencari.

*) sumber gambar ilustrasi SEO = http://sunshinecoastseo.com

0 komentar

Post a Comment