Monday, February 16, 2015

Cara Menyimpan File di Google Drive

Sehubungan dengan tulisan sebelumnya tentang anjuran untuk stop menyimpan file dalam CD/DVD, sekarang kita akan mencoba alternatif metode penyimpanan lain secara online dengan Google Drive. Cara menyimpan file di Google Drive tidak sesulit yang dibayangkan bahkan bagi pemula sekalipun. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet berserta akun pada masing-masing layanan dan kita sudah bisa menikmati penyimpanan secara gratis dan aman.

Sekilas Tentang Google Drive

Google Drive adalah produk layanan Google yang digunakan untuk menyimpan file secara gratis sampai 15GB. Google Drive pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Untuk bisa menggunakan Google Drive kita cukup login dengan akun Google yang telah kita miliki. Jika 15GB dirasa masih kurang kita bisa upgrade kapatisa penyimpanan dengan biaya tertentu.

Cara penggunaan Google Drive seperti misalnya cara upload dan download file relatif mudah. Selain penyimpanan, kini Google Drive juga dilengkapi berbagai aplikasi online seperti Dokumen Writer, Spreadsheet dan PDF Viewer. Selain lewat web, Google Drive juga bisa diakses melalui aplikasi Android yang bisa didownload secara gratis di PlayStore.

Proses Menyimpan File di Google Drive

1. Buka alamat Google Drive di http://www.googledrive.com atau https://drive.google.com
google drive-home
2. Login dengan username dan password akun Google yang kita miliki
google drive-login
3. Jika benar kita akan diarahkan ke halaman dashbor Google Drive
google drive-dasbor
4. Untuk membuat folder, silahkan klik tombol New lalu pilih Folder dan masukkan nama folder baru misalnya Foto
google drive-new folder
5. Jika benar maka folder baru akan muncul sesuai nama Folder yang kita masukkan tadi.
google drive-new folder
6. Silahkan Dobel klik pada nama Folder untuk membuka folder
google drive-open folder
7. Untuk mengupload file ke folder, silahkan klik dan drag file pada explorer atau file manager lalu lepaskan pada window Google Drive
google drive-upload file
8. Kemudian akan dimulai proses upload dengan lama upload tergantung dari kecepatan koneksi dan besar file, silahkan tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai
google drive-selesai upload file
9. Jika berhasil maka file yang kita upload akan muncul pada Google Drive.
google drive-tampilan file
10. Untuk upload beberapa file sekaligus, silahkan select dulu file-file yang akan di-upload lalu klik dan drag kemudian taruh pada window Google Drive seperti langkah no.7

Demikian penjelasan cara menyimpan file di Google Drive secara singkat. Sebetulnya banyak sekali fitur yang ada pada Google Drive seperti membuat dokumen, berbagi file dan lain-lain. Silahkan coba-coba sendiri fitur-fitur Google Drive tersebut.

Selain Google Drive, ada layanan lain yang juga patut kita coba untuk menyimpan file, yaitu Dropbox. Untuk penjelasan tentang cara menyimpan file pada Dropbox insyaAllah akan dijelaskan pada tulisan selanjutnya.

2 komentar: