Tuesday, February 17, 2015

Cara Menyimpan File di Dropbox

Satu lagi layanan penyimpanan file secara online yaitu Dropbox. Cara menyimpan file di Dropbox mirip dengan cara menyimpan file di Google Drive. Kita hanya cukup melakukan registrasi dengan alamat email dan kita sudah bisa menikmati layanan Dropbox. Namun pada Dropbox ada sedikit perbedaan layanan, yaitu jika pada Google Drive kita bisa menympan sampai 15GB maka pada Dropbox kita hanya disediakan space sebesar 2GB saja.

Sekilas tentang Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan file milik Dropbox, Inc. Layanan Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan file, mengunduh file dan berbagi file melalui jaringan internet. Dropbox juga membuat aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi dengan folder lokal pada komputer.

Pada dasarnya kita bisa menikmati layana Dropbox secara gratis dengan kapasitas sampai 2GB. Jika dirasa kurang, Dropbox menyediakan layanan berbayar yang diperuntukkan bagi kalangan bisnis dan profesional. Kapasitas yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari 50GB, 100GB bahkan bisa sampai 1TB.

Dropbox dibuat oleh Drew Houston pada tahun 2007 sekaligus pemilik dari Dropbox, Inc. Ide dasar munculnya Dropbos bermula saat Houston mengalami masalah ketika USB Flashdisk-nya sering ketinggalan dirumah. Ia mengatakan kalau layanan penyimpanan file yang ada saat itu dinilai tidak maksimal, banyak error dan cenderung tidak praktis. Sebagai solusi dia kemudian membuat sebuah layanan penyimpanan yang akhirnya berguna juga bagi orang lain. layanan itu adalah Dropbox.

Proses Menyimpan File di Dropbox

1. Buka alamat website Dropbox di www.dropbox.com
dropbox-home
2. Silahkan klik Sign Up untuk membuat akun baru. Isi nama depan, nama belakang lalu alamat email dan password untuk login. Centang I agree... lalu klik Sign up.
dropbox-signup
3. Selanjutnya kita akan ditampilkan tiga layanan Dropbox dan diminta untuk memilih salah satu layanan ini. Pilih yang gratis saja yaitu Dropbox basic.
dropbox-option
4. Kemudian kita akan diarahkan ke halaman instalasi aplikasi sesuai dengan sistem operasi yang dipakai. Karena saya menggunakan Linux maka yang tampil adalah opsi installer untuk sistem operasi Linux seperti ini.
dropbox-download
5. Lewati saja proses ini lalu lanjutkan proses setup Dropbox dengan klik icon Dropbox disebelah atas. Kita akan diarahkan ke Get Started pada halaman dasbor.
dropbox-get-started
6. Untuk melihat daftar file, silahkan klik menu File dan akan tampak daftar file yang ada pada drive Dropbox kita.
dropbox-file
7. Buat folder baru dengan kllik icon New Folder yang ada disebelah atas, misalnya kita beri nama Foto.
dropbox-new-folder
8. Klik icon upload file untuk menambahkan file pada folder Foto didalam drive Dropbox kamudian pilih file yang akan diupload.
dropbox-pilih-file-upload
9. Kemudian akan dilanjutkan dengan proses upload file, silahkan tunggu beberapa saat bergantung dari kecepatan koneksi dan besar file yang diupload.
dropbox-upload-file
10. Setelah file berhasil di-upload, nama file akan muncul pada daftar file didalam folder Foto tadi.
dropbox-list-file
11. Untuk melihat tampilan file foto yang baru saja kita upload, silahkan klik menu Photo yang ada dibawah menu File.
dropbox-foto
12. Kita juga bisa berbagi file dalam drive Dropbox kita dengan menggunakan menu Sharing yang ada dibawah menu Photo.
dropbox-sharing
13. Untuk pengaturan akun, kita bisa gunakan beberapa pilihan menu yang ada pada pengaturan user.
dropbox-akun
14. Jika sudah selesai silahkan Log Out dan selanjutnya kita tinggal login menggunakan email dan password saat registrasi tadi.
dropbox-masuk

Secara garis besar cara menyimpan file di Dropbox sekilas sama dengan cara menyimpan file pada Google Drive. Bedanya pada Dropbox kita hanya dijatah 2GB saja per akun, sedangkan pada Google Drive kita disediakan 15Gb per akun. Namun jika anda menyukai fitur Dropbox dan dirasa 2GB masih kurang, silahkan buat akun lagi saja. Karena Dropbox tidak membatasi akun, selama menggunakan alamat email yang berbeda.

Kita juga bisa instal aplikasi Dropbox tersedia dalam berbagai pilihan sistem operasi seperti Linux, Windows MacOS dan android. Dengan menginatal aplikasi ini kita bisa melakukan fitur penting Dropbox yaitu sinkronisasi folder dan file.

0 komentar

Post a Comment