Tuesday, February 24, 2015

Cara Menginstal Bitvise Tunnelier SSH Client

Pada artikel ini kita akan belajar cara menginstal Bitvise Tunnelier SSH Client. Bitvise Tunnelier adalah salah satu software SSH Client yang paling populer. Bitvise Tunnelier dapat didownload dan digunakan secara gratis. Bitvise Tunnelier bisa berjalan pada komputer Windows dan Linux. Untuk bisa berjalan di Linux, Bitvise Tunnelier harus menggunakan bantuan Wine (Windows Emulator).

Apa itu SSH ?

SSH adalah singkatan dari Secure Shell, yaitu koneksi yang aman dengan menggunakan perintah Shell, seperti Command Promt pada Windows/DOS. Koneksi SSH bisa digunakan untuk mentransfer file, menjalankan program, forward TCP/IP dan lain-lain.

Dalam koneksi SSH ada yang disebut SSH Server dan SSH Client. SSH Server adalah komputer yang diinstal software SSH Server yang melayani brbagai koneksi SSH Client. Sedangkan SSH Client adalah komputer yang menggunakan layanan SSH Server seperti beberapa fungsi SSH diatas.

Untuk dapat terhubung pada SSH Server, kita harus mempunyai alamat host, port, username dan password. Setting ini kita peroleh jika kita mendaftar layanan SSH pada Server penyedia jasa layanan SSH. Proses pendaftaran ini ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Cara Instal Bitvise Tunnelier

Sebelum menginstal Bitvise Tunnelier pada komputer, kita harus mempunyai file installer lebih dahulu. File installer ini bisa kopi dari teman atau bisa download langsung dari situsnya. Bitvise Tunnelier dapat didownload dan diinstal secara gratis.

Berikut ini cara instal Bitvise Tunnelier :
  1. Pastikan sudah mempunyai file installer, jika belum silahkan download Bitvise Tunnelier terbaru pada link berikut ini :
  2. Untuk komputer Linux, pastikan telah terinstal aplikasi Wine terlebih dahulu.
  3. Jalankan file EXE yang telah didownload tadi, misalnya saya menggunakan versi 4.60.
  4. Pastikan tampil window berikut ini, lalu centang opsi I agree...kemudian klik tombol Install
    instal bitvise tunnelier
  5. Kemudian akan dimulai proses instal seperti tampak pada window berikut ini
    proses instal bitvise tunnelier
  6. Tunggu sesat dan setelah selesai akan muncul notifikasi Installation Completed
    selesai instal bitvise tunnelier
  7. Klik tombol OK dan akan tampil aplikasi Bitvise Tunnelier SSH Client seperti ini
    tampilan bitvise tunnelier
Demikian seluruh proses instalasi Bitvise Tunnelier SSH Client. Untuk Setting dan cara menggunakan SSH Client, insyaALLAH akan ditulis pada artikel selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment