Saturday, February 14, 2015

Cara Menggunakan SEO Di Blogspot

Setelah mengerti apa itu SEO, selanjutnya kita akan coba belajar cara menggunakan SEO pada blogspot. Yang dimaksud dengan penggunaan SEO disini tentunya teknik On page SEO atau menerapkan SEO didalam halaman blog. Beberapa teknik On page SEO bisa kita terapkan pada blogspot diantaranya melalui penggunaan template, teknik penulisan artikel, pemilihan keyword, mengisi deskripsi dan lain-lain.

Berikut ini beberapa cara menggunakan SEO on page pada blogspot :

1. Memilih template yang SEO friendly

template seo friendly
Template merupakan kerangka tampilan sebuah blog. Artinya pada template terdapat juga tag-tag HTML yang berhubungan dengan SEO seperti title, heading, meta data dan deskripsi. Selain itu tata letak tiap-tiap bagian pada template juga mempengaruhi kualitas SEO sebuah blog.

Template yang SEO Friendly adalah faktor penentu yang sangat mempengaruhi pengunaan SEO pada blog. Dengan menerapkan template yang dirancang sesuai standar SEO maka tugas kita menjadi lebih ringan dalam mengatur SEO pada halaman.

Berikut ini beberapa kriteria dalam memilih template blogspot yang seo friendly :

  • Pastikan tata letak isi berada pada posisi utama dan menempati dominasi yang cukup pada halaman website.
  • Pilih template yang menggunakan title tag judul artikel didepan, misalnya: Cara menggunakan SEO pada Blogspot - Nulis-ilmu. Hal ini menghindari terpotongnya judul artikel oleh mesin pencari karena title tag terlalu panjang
  • Proses loading template harus cepat karena blog yang cepat dibuka sangat disukai mesin pencari. Itu sebabnya Google membatasi tampilan home blogspot sekitar 1MB yang berakibat tidak ketidaksesuaian pengaturan jumlah artikel karena lupa menempatkan jump-break.
  • Penggunaan heading yang tepat pada judul artikel dan point-point penting didalam artikel. Untuk judul bisa menggunakan H1 lalu untuk sub judul menggunakan H2 dan seterusnya. Template yang baik setidaknya bisa cerdas dalam penggunaan heading pada artikel.
  • Mempunyai meta data webmaster dan link ke social network. Ini tidak mutlak namun akan memudahkan pelacakan pada website kita oleh mesin pencari. Jika template yang kita sukai tidak menyediakan ini, kita bisa tambahkan script secara manual melalui fasilitas Edit HTML.
  • Menyediakan menu navigasi yang jelas. Hal ini penting untuk memudahkan pengunjung dalam mengakses website, sehingga isi website kita bisa dengan leluasa dibuka dan diketahui oleh pengunjung.
  • Menyediakan fitur artikel terkait (related post) dan artikel acak (random post). Ini akan menjadi semacam saran atau sugesti dan kadang menjadi kejutan bagi pengunjung untuk mau membaca artikel yang lain.
  • Sebaiknya pilih template yang responsive, yaitu template yang bisa secara fleksibel mengikuti ukuran layar. Hal ini penting karena berkaitan dengan akses internet yang demikian luas melalui smartphone seperti android dan iphone yang memiliki ukuran layar bervariasi. Intinya sebuah template harus fleksible dan responsive terhadap tampilan yang disediakan oleh browser pada client.
Untuk mempermudah dalam mencari template yang sesuai dengan kriteria diatas, silahkan cari di Google misalnya dengan kata kunci template blogger seo friendly lalu pilh yang sesuai dan menarik hati kita dan satu lagi kalau ada yang gratis.

2. Gunakan Heading, Sub Heading dan Minor Heading

pilihan heading pada blogspot
Penggunaan heading merupakan salah satu faktor utama SEO sebuah halaman. Dalam sebuah halaman bisa jadi terdapat beberapa heading artikel. Oleh karena itu lebih baik kita menerapkan tag heading bertingkat untuk beberapa heading dalam satu halaman artikel.

Pada teks editor kita diberi tiga pilihan heading yaitu Heading, SubHeading dan Minor Heading. Silahkan gunakan sesuai dengan artikel yang kita buat. Yang perlu diingat adalah penggunaan ini tidak sekedar mencetak tebal atau memperbesar sebuah teks namun lebih kearah teknik SEO yang mempermudah saat mesin pencari merayapi halaman blog kita.

3. Pastikan setiap gambar mamiliki ALT Text dan Title

title dan alt text untuk gambar di blogspot
Seperti telah dijelaskan sebelumnya pada pembahasan on page SEO, mesin pencari tidak bisa membaca gambar berdasarkan pixel. Namun mengapa ada pencarian gambar pada setiap pencari, apa yang menjadi sebuah gambar muncul sesuai dengan kata pencarian?

Jawabannya adalah ALT TEXT dan TITLE sebuah gambar tersebut yang dibaca oleh mesin pencari. Dahulu ketika internet masih mahal dan belum cepat seperti saat ini, kehadiran gambar pada halaman website dianggap memberatkan dan memperlama loading website.

Hal ini menyebabkan pengguna kadang mematikan tampilan gambar dengan pengaturan pada browser. Untuk itulah sebenarnya awal mula dibutuhkan ALT TEXT sebuah gambar. Jadi saat fitur tampilan gambar dimatikan, pengguna dapat mengerti maksud dari gambar tersebut dengan ALT TEXT.

Untuk menambahkan ALT TEXT dan TITLE pada sebuah gambar pada blogspot kita cukup klik gambar lalu klik pada pengaturan properties kemudian isi title text dan alt text yang disediakan dengan kata yang sesuai dengan keterangan gambar.

4. Sesuaikan "Setelan Entri" dengan isi artikel

menu setelan entri blogspot
Sesaat sebelum kita menekan tombol "Publikasikan" pada artikel ada baiknya kita melakukan beberapa setelan entri untuk beberapa parameter seperti Label, Tautan Permanen/Permalink, Deskripsi Penelusuran dan Pilihan lainnya.

Label merupakan kata kunci untuk menandai sebuah artikel. Label ini bisa jadi mengelompokkan beberapa artikel ke dalam satu kategori. label juga bisa menjadi kata kunci/keyword/tag sebuah artikel. Beri label yang sesuai dengan isi artikel, jangan terlalu sedikit misalnya satu label dan jangan juga terlalu banyak sampai membabi buta.

Tautan Permanen atau sering disebut dengan Permalink adalah URL yang akan menjadi alamat link penghubung menuju artikel yang kita buat. Tautan permanen yang terlalu panjang biasanya akan dipotong secara otomatis, misalnya saat kita membuat artikel dengan judul "Cara Membuat Toko Online Sendiri Dengan CMS Prestashop" saat kita cek di tautan permanen ternyata dipotong sampai bagian "Dengan" dan tidak mencantumkan "CMS Prestashop"-nya.

Ini membuat artikel kita memiliki tautan permanen yang kurang spesifik sesuai dengan isi artikel. Untuk mengatasi hal itu bisa dipilih Tautan Permanen Khusus lalu tambahkan kekurangan teks tadi secara manual, misalnya : http://nulis-ilmu.blogspot.com/2015/02/cara-membuat-toko-online-sendiri-dengan-cms-prestashop.html.  Ini akan lebih baik dalam penempatan artikel pada mesin pencari dan bisa lebih sesuai dengan kata pencarian.

Setelan Deskripsi Penelusuran bisa kita isi dengan ringkasan artikel atau jika ingin lebih mudah isi saja dengan paragraf pertama artikel. yang penting, deskripsi penelusuran ini bisa memberi gambaran tentang isi artikel kepada mesin pencari dan pengunjung yang sedang mencari artikel.

5. Optimalkan Tag Meta

contoh meta data edit html
Dalam struktur halaman HTML, kita diberikan sebuah cara untuk memberikan meta data dengan menggunakan tag <meta>. Khusus untuk blogspot, kita bisa mengeset meta data dengan dua cara yaitu melalui fitur Edit HTML dan melalui menu setelan meta data.

Meta data ini bisa kita isi dengan berbagai data seperti keyword, deskripsi, id webmaster, id alexa, author, geo location, dan sebagainya. Khusus untuk meta deskripsi kita bisa set dengan masuk ke menu Setelan -> Preferensi Penelusuran lalu isi Tag Meta deskripsi dengan data meta deskripsi dari blog kita.
contoh meta deksripsi blogspot
Contoh meta deksripsi blogspot

Demikian beberapa cara dalam menggunakan SEO di blogspot. Memang tidak semua tapi setidaknya bisa menjadi gambaran untuk blogger pemula seperti saya dalam melakukan optimalisasi SEO pada blogspot.

0 komentar

Post a Comment