Thursday, February 12, 2015

Cara Menggunakan Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah tool webmaster yang disediakan secara gratis oleh Google untuk memantau aktivitas dan perkembangan sebuah website. Dengan menggunakan Google Analytics, pemilik website atau blog bisa melihat data-data seperti pengunjung, page view, average time visit, bounce rate dan lain-lain. Google Analytics sangat membantu kita sebagai blogger dalam mengembangkan blog terutama untuk blog-blog yang baru berdiri.

Layanan Google Analytics bersifat gratis. Untuk menggunakan Google Analytics kita hanya perlu mempunyai akun Google berupa email saja. Sebelum menggunakan Google Analytics kita harus masuk ke dalam layanan melalui akun Google. Setelah masuk, kita akan diminta untuk membuat properti untuk memantau data sebuah website. Dalam satu akun Google Analytics, kita bisa membuat sampai maksimal 100 properti untuk memantau beberapa website sekaligus.

Berikut ini contoh cara menggunakan Google Analytics :

  1. Buka Google Analytics di alamat http://www.google.com/analytics, lalu masuk dengan akun Google (gmail) kita yang kita miliki.
    masuk akun google analytics
  2. Akan muncul panduan singkat ilustrasi menggunakan Google Analytics dalam tiga langkah, Silahkan klik Sign Up disebelah kana untuk melanjutkan.
    ilustrasi menggunakan google analytics
  3. Kemudian kita akan diminta untuk mengisi data website yang akan dipantau aktivitasnya, silahkan isi dengan data masing-masing, misalnya seperti contoh berikut ini.
    isi form registrasi google analytics
  4. Kita akan juga diminta untuk menyetujui aturan penggunaan ( TOS) Google Analytics dari Google, klik I Accept atau Saya Terima untuk melanjutkan.
    ketentuan-tos google analytics
  5. Jika berhasil kita akan diarahkan ke halaman admin Google Analytics berikut ini.
    halaman admin google analytics
  6. Pada gambar tampak ID Google Analytics yang akan digunakan untuk tracking data website.
  7. Dibagian bawah tampak juga kode java script untuk dipasang pada blog seperti ini, silahkan dikopi saja kodenya.
    script kode tracking google analytics
  8. Proses selanjutnya adalah menaruh kode script yang ada pada halaman admin ke blogger.
  9. Caranya adalah masuk ke halaman dashbor admin blog, kemudian klik menu template lalu pilih Edit HTML kemudian paste kode tadi tepat diatas tag html </head> seperti contoh berikut ini.
    memasang kode tracking google analytics pada blog
  10. Kembali ke website, Google Analytics lalu klik Home / Beranda untuk melihat properti layanan Google Analytics kita.
    properti google analytics
  11. Untuk melihat data situs silahkan klik properti All Web Site Data atau Semua Data Situs Web, akan tampil informasi data Website seperti berikut ini.
    statistik data google analytics
  12. Berikut ini contoh data Google Analytics dari blog nulis-ilmu.blogspot.com saat artikel ini dibuat.
    contoh grafik google analytics
    Tampilan grafik pengunjung pada Google Analytics
    contoh statistik google analytics
    Tampilan statistik website pada Google Analytics
Demikian contoh cara menggunakan Google Analytics pada blog. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang merintis membuat blog baru. Untuk keterangan parameter-parameter pada Google Analytics insyaAllah akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment