Wednesday, February 4, 2015

Cara Membuat Website Dengan CMS Wordpress


Sekarang kita akan belajar cara membuat website dengan CMS Wordpress. CMS ini merupakan CMS terbaik ke-2 BEST 2015 versi toptenreviews. Dulu saya mengenal wordpress saat membuat blog yang pertama kali, yaitu www.abisabrina.wordpress.com. Memang CMS Wordpress awalnya dari sebuah website layanan blog, www.wordpress.org.

Pada tulisan sebelumnya kita telah tahu cara membuat website dengan menggunakan CMS ocPortal. Dan untuk membuat website dengan CMS wordpress lagkah-langkahnya lebih sedikit dibandingkan saat membuat website dengan ocPortal.

Wordpress adalah sebuah CMS yang sebelumnya merupakan script dari layanan blog gratis wordpress. Wordpress ditulis dengan PHP dengan dukungan database MySQL. Kode program wordpress juga bersifat terbuka seperti ocportal.

Dari segi pengelolaan halaman admin, wordpress merupakan CMS yang simple dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Yang paling saya ingat dari wordpress adalah Page dan Post. kemudian untuk berbagai artikel Post kita bisa kelompokkan dalam kategori yang berbeda. Sangat simpel dan mudah dipahami.

WordPress merupakan versi lanjutan dari b2/cafelog yang dikembangkan pertama kali oleh Michel Valdrighi. WordPress lahir pada tahun 2003 dari jerih payah Matt Mullenweg dan Mike Little dalam melanjutkan proyek b2. Asal mula nama WordPress berasal dari usulan Christine Selleck. WordPress kini telah menjadi CMS terkemuka dan menjadi platform bagi beberapa situs besar seperti CNN, Reuters, The New York Times dan lainnya.

Untuk membuat website dengan CMS Wordpress kita bisa memilih dua cara, yaitu:
  1. Menginstal Wordpress secara instan pada server website menggunakan software installer seperti Fantastico atau Softaculous.
  2. Menginstal Wordpress pada komputer lokal kemudian melakukan setting dan customisasi lalu setelah selesai baru di-upload ke server website.
Untuk pemula yang masih belajar Wordpress dan belum mempunyai layanan hosting dan domain sendiri disarankan untuk melakukan cara kedua saja, yaitu menginstal CMS Wordpress pada komputer lokal dan setelah jadi tinggal upload ke web server.

Berikut ini step by step cara membuat website dengan CMS Wordpress pada komputer lokal :
  1. Pastikan sebelumnya kita telah menginstal aplikasi web server apache dan database server pada komputer lokal.
  2. Untuk petunjuk cara instal web server pada windows silahkan klik disini.
  3. Dan untuk petunjuk cara instal web server pada linux silahkan klik disini.
  4. Download file installer wordpress 4.1 (versi terakhir saat tulisan ini dibuat) di situs resminya www.wordpress.org.
  5. Ekstrak file yang telah didownload tadi, lalu ganti nama foldernya, misal: wordpress.
  6. Copy folder wordpress pada direktori web server kita, misal pada xampp taruh di folder htdocs atau pada Linux mint/Ubuntu taruh pada folder /var/www atau sesuaikan sendiri dengan letak folder web server kita.
  7. Khusus untuk Linux, set permission 777 atau 775 secara rekursif pada folder wordpress tadi dengan perintah:  sudo chmod 777 -R wordpress.
  8. Buka phpmyadmin, lalu buat database baru, misal beri nama wp.
    buat database wp pada phpmyadmin
  9. Buka browser, lalu masuk ke alamat localhost/wordpress, pastikan tampak halaman seperti ini:
    instal wordpress step 1
  10. Klik Lets'go untuk melanjutkan, kemudian akan tampil halaman konfigurasi database berupa nama database , nama user database, password database dan database host.
  11. Isi nama databse dengan wp, lalu isi nama username dengan nama user database saat masuk phpmyadmin (biasanya root) kemudian isi password database dengan password saat masuk ke phpmyadmin.
    instal wordpress step 2
  12. Setelah selesai, klik Submit untuk melanjutkan.
  13. Jika semua benar akan tampil halaman konfirmasi seperti ini, Klik Run the install untuk memulai proses instalasi.
    instal wordpress step 3
  14. Kemudian akan tampil halaman konfigurasi wodpress, seperti Site title, username admin, dan password.
  15. Isi dengan data yang sesuai dengan kita, Site title diisi dengan judul situs, nama admin diisi dengan admin lalu password diisi 123 saja biar mudah.
    instal wordpress step 4
  16. Nanti saat mau upload ke web server kita bisa ganti konfigurasi ini dengan yang lebih kuat.
  17. Isi juga nama email dengan email kita, kamudian klik Install wordpress.
  18. Setelah selesai akan ada notifikasi instal wordpress telah berhasil.
    instal wordpress step 5 -finish
  19. Klik login untuk masuk ke halaman administrator, pastikan tampil halaman login seperti ini.
    login admin wordpress
  20. Masukkan user dan password wordpress yang telah dibua tadi lalu klik login.
  21. Jika benar akan tampak halaman dashbor dari administrator wordpress seperti ini:
    halaman dashbor wordpress
  22. Silahkan masukkan alamat localhost/wordpress dan akan tampak tampilan situs wordpress yang telah kita buat seperti ini:
    halaman situs wordpress
Demikian petunjuk cara membuat website dengan menggunakan CMS Wordpress. Untuk pengaturan dan cara penggunaan CMS Wordpress insyaAllah akan ditulis pada artikel-artikel selanjutnya. Semoga ini menjadi gambaran dalam mengenal CMS Wordpress, sebuah CMS yang menurut saya sangat cocok untuk blogging self hosting karena konon sangat hebat dalam search engine optimization (SEO).

0 komentar

Post a Comment