Friday, February 6, 2015

Cara Membuat Website Dengan CMS Drupal

Satu lagi CMS yang bisa dipakai untuk mengatur konten website kita adalah Drupal. Meski masih asing dan baru pertama ini belajar membuat website dengan CMS Drupal, semoga pengalaman yang saya bagikan ini tidak sia-sia dan bisa memberi gambaran bari teman-teman yang ingin mengenal Drupal dan membuat website dengan menggunakan CMS Drupal.

Drupal juga termasuk CMS yang bersifat opensource dan dirilis dalam lisensi GPL (GNU Public Lisence). Pengembangan Drupal didukung oleh ribuan komunitas pengembang Drupal diseluruh dunia. Drupal dibuat dengan kode program PHP dengan dukungan berbagai jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dan MsSQL.

Drupal pada awalnya ditulis oleh Dries Buytaert sebagai message board. Drupal kemudian menjadi project opensource sejak tahun 2001. Drupal kemudian berkembang pesat sampai data terakhir yang tercatat di wikipedia menyebutkan jumlah website yang menggunakan Drupal mencapai lebih dari 1.015.000 situs pada Februari 2014.

Untuk membuat website dengan CMS Drupal kita bisa memilih dua cara, yaitu:
  1. Menginstal Drupal secara instan pada server website menggunakan software installer seperti Fantastico atau Softaculous.
  2. Menginstal Drupal pada komputer lokal kemudian melakukan setting dan customisasi lalu setelah selesai baru di-upload ke server website.
Untuk pemula yang masih belajar Drupal dan belum mempunyai layanan hosting dan domain sendiri disarankan untuk melakukan cara kedua saja, yaitu menginstal CMS Drupal pada komputer lokal dan setelah jadi tinggal upload ke web server.

Berikut ini step by step cara membuat website dengan CMS Drupal pada komputer lokal :
  1. Pastikan sebelumnya kita telah menginstal aplikasi web server apache dan database server pada komputer lokal.
  2. Untuk petunjuk cara instal web server pada windows silahkan klik disini.
  3. Dan untuk petunjuk cara instal web server pada linux silahkan klik disini.
  4. Download file installer drupal 7.34 (versi terakhir saat tulisan ini dibuat) di situs resminya www.drupal.org.
  5. Ekstrak file yang telah didownload tadi, lalu ganti nama foldernya, misal: drupal.
  6. Copy folder drupal pada direktori web server kita, misal pada xampp taruh di folder htdocs atau pada Linux mint/Ubuntu taruh pada folder /var/www atau sesuaikan sendiri dengan letak folder web server kita.
  7. Khusus untuk Linux, set permission 777 atau 775 secara rekursif pada folder drupal tadi dengan perintah:  sudo chmod 777 -R drupal.
  8. Copy atau rename file default.setting.php yang ada pada folder /drupal/sites/default menjadi file setting.php.
    buat file setting.php
  9. Buka phpmyadmin, lalu buat database baru, misal beri nama drupal.
    buat database drupal
  10. Buka browser, lalu masuk ke alamat localhost/drupal, pastikan tampak halaman seperti ini:
    instal drupal step-1
  11. Pilih yang standar saja, lalu klik Save and continue.
  12. Kemudian pada halaman pilih bahasa, silahkan pilih bahasa yang disukai, misal: english lalu klik lagi Save and continue.
    instal drupal step-2 pilih bahasa
  13. Pastikan tampil setting database seperti ini, isi nama database dengan drupal lalu isi username dan password sama dengan user dan password saat login phpmyadmin.
    instal drupal step-3 setting database
  14. Jika tampil error seperti ini, berarti file setting belum ada. Silahkan ulangi dan pastikan langkah nomor 8 sudah benar.
    pesan-error-setting-php-drupal
  15. Jika sudah benar silahkan klik Save and continue dan akan dimulai proses instal drupal seperti berikut ini.
    proses-installing-drupal
  16. Silahkan tunggu beberapa saat, jika berhasil akan muncul halaman konfigurasi profil situs seperti ini, silahkan isi dengan profil situs website kita.
    site-information-drupal
  17. Silahkan isi juga data-data tentang administrasi situs yang ada di bagian SITE MAINTENANCE ACCOUNT dengan nama user dan password admin.
    site-maintenance-account-drupal
  18. Sesuaikan juga setting server dan peringatan update-nya.
    server-setting-drupal
  19. Klik save and continue untuk menyelesaikan proses instalasi Drupal.
    selesai-instal-drupal
  20. Untuk melihat situs drupal kita bisa klik visit your new site dan kita akan otomatis diarahkan ke halaman administrator drupal berikut ini.
    halaman-situs-drupal-mode-administrator
  21. Dan berikut ini tampilan drupal saat kita logout.
    tampilan-website-dengan-drupal
Demikian seluruh proses instalasi drupal pada komputer lokal, semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan tentang cara membuat website dengan CMS Drupal. Untuk pengaturan Drupal lebih lanjut insyaAllah akan ditulis pada artikel selanjutnya pada pembahasan lebih detail tentang CMS Drupal.

0 komentar

Post a Comment