Monday, February 9, 2015

Cara Membuat Blog di Blogger Sampai Selesai

Setelah mengenal blog, selanjutnya kita akan belajar cara membuat blog sampai selesai atau sampai jadi melalui Blogger.com. Banyak yang menulis artikel tentang cara membuat blog, namun pada artikel ini saya akan berusaha menjelaskan step by step membuat blog sampai selesai sampai blog jadi sepenuhnya dan siap di publikasikan. Akan dijelaskan mulai dari registrasi blog, menyetting blog, memasang tema, membuat halaman, membuat artikel, membuat menu, membuat widget sampai pada pengaturan SEO blog.

Blogger.com adalah situs yang menyediakan layanan membuat blog secara gratis milik Google. Kita dapat membuat blog secara gratis di situs Blogger.com dengan syarat memiliki akun Google dulu. Alamat blog yang dihasilkan dari Blogger.com memiliki sub domain blogspot, misalnya : www.nulis-ilmu.blogspot.com.

Cara membuat blog di Blogger.com sangat mudah, cukup dengan login menggunakan akun google pada situs www.blogger.com lalu klik Blog Baru kemudian memilih dan mengecek ketersediaan nama blog. Proses membuat dan menyetting blog cukup cepat dan simpel, cukup dibutuhkan waktu beberapa menit saja untuk membuat blog kita jadi dan siap tampil.

Secara umum proses membuat blog dapat dikelompokkan menjadi beberapa proses berikut ini:
1. Registrasi Blog
  • Membuat akun Google (bila belum punya)
  • Masuk ke Blogger.com dan registrasi blog baru
  • Menetapkan judul dan deskripsi blog
2. Memasang Template Blog
  • Memilih dan memasang template pada blog
  • Mencari template dari luar blogger.com
  • Mengupload dan memasang template dari luar blogger.com
  • Menggunakan fitur edit html pada template
3. Mengatur Tata Letak Blog
  • Memasang widget
  • Mengatur tata letak widget
4. Membuat Artikel dan Halaman
  • Membuat entri posting baru
  • Menambahkan gambar pada postingan
  • Menambahkan link pada postingan
  • Membuat jump break
  • Cara menggunakan pratinjau halaman
  • Membuat label pada artikel
  • Mengatur permalink
  • Mengatur ijin komentar
  • Membuat halaman statis
5. Pengaturan Lain
  • Mengatur format tanggal pada blog
  • Mengatur jumlah postingan dihalaman depan
  • Mengatur Komentar Google+
  • Membuat Menu
  • Mamantau Statistik Blog
Berikut ini penjelasan detail dari masing-masing proses diatas :

Membuat akun Google (bagi yang belum punya)

Sebelum melakukan registrasi blog baru di blogger.com kita harus mempunyai akun google terlebih dahulu. Untuk membuat akun google kita bisa klik Create Account atau Buat Akun pada halaman depan blogger.com dibagian bawah lalu isi form registrasi dan ikuti petunjuk registrasi sampai selesai.
membuat akun google

Masuk ke Blogger.com dan registrasi blog baru

Setelah memiliki akun google, kita bisa masuk pada halaman blogger.com dengan email google dan password lalu mulai membuat blog baru.
membuat blog baru
Isi data yang dibutuhkan pada form registrasi blog , jika alamat blog tidak tersedia silahkan gunakan alamat lain sampai ada keterangan alamat blog tersedia seperti contoh berikut ini :
daftar blog baru

Menetapkan judul dan deskripsi blog

Hal pertama yang dilakukan setelah registrasi blog berhasil adalah menetapkan judul dan deskripsi blog. Caranya adalah dengan masuk ke setelan blog seperti ini dulu :
membuat judul dan deskripsi blog

Kemudian masukkan data pada kolom judul dan deskripsi blog seperti contoh berikut ini:
pengaturan judul dan deskripsi blog

Memilih dan mengganti template pada blog

Untuk mempercantik tampilan blog kita bisa mengganti template blog dengan beberapa pilihan yang telah disediakan. Caranya klik menu Template yang ada disebelah kiri lalu arahkan mouse pada template yang dikehendaki dan klik Terapkan ke Blog.
mengganti template blog

Mencari tema dari luar blogger.com

Jika tidak puas dengan pilihan template yang disediakan oleh blogger.com kita juga bisa mencari tema dari luar blogger. Caranya silahkan masuk ke pencarian google lalu ketik kata kunci misalnya download template blogger, template blogger gratis atau template blogger seo friendly dan sebagainya.
mencari template dari luar blogger

Silahkan pilih template yang disukai pada beberapa situs yang muncul dalam pencarian, semoga ada template yang cocok dengan selera kita dan tentunya juga matching dengan tema blog kita.

Mengupload dan memasang tema dari luar blogger.com

Setelah kita berhasil men-download tema pilihan, langkah selanjutnya adalah mengupload dan memasang tema tersebut ke dalam blog kita. Caranya klik menu Template yang ada disebelah kiri lalu klik Cadangkan/Pulihkan pada posisi kanan atas sebelah icon roda gigi. Kemudian pada form Cadangkan/Pulihkan klik choose file dibawah tulisan Unggah template lalu pilih file dan klik unggah.
mengupload template blogger

Menggunakan fitur Edit HTML pada template

Untuk melakukan perubahan atau modifikasi pada template, kita bisa memanfaatkan fitur Edit HTML pada Template. Caranya dengan klik tombol Edit HTML yang ada dibawah preview template.
menggunakan edit html

Tentunya dibutuhkan sedikit keahlian HTML untuk melakukan proses ini. Silahkan baca tutorial dasar HTML yang telah ditulis sebelumnya.

Memasang dan mengatur tata letak widget

Kita bisa menambahkan widget dan mengatur tata letak widget pada blog dengan cara masuk ke menu Tata Letak yang ada disebelah kiri.
mengatur tata letak widget
Untuk menambah widget baru silahkan klik tambah Gadget. Untuk mengubah tata letak widget silahkan klik dan drag widget lalu taruh pada lokasi baru yang dikehendaki.
menambah widget
Untuk mengedit widget silahkan klik edit lalu ubah data pada widget dan jika ingin menghapus widget silahkan klik hapus pada edit widget.
mengedit widget

Membuat entri posting baru (artikel)

Setelah urusan tampilan blog selesai, selanjutnya kita bisa mulai membuat entri posting baru. caranya klik tombol Entri Baru yang ada disebelah atas menu.
membuat entri baru
Kemudian akan tampak sebuah teks editor tempat kita menulis artikel baru. Silahkan tulis judul artikel disebelah atas dan isi artikel pada teks editor yang besar dibawahnya. Untuk melakukan format pada artikel silahkan gunakan tool-tool yang telah disediakan.
teks editor entri baru

Menambahkan gambar pada artikel blog

Untuk menambahkan gambar pada artikel blog silahkan klik icon image disebelah link, lalu pilih sumber gambar. Jika gambar berasal dari komputer kita maka klik pilih file pada tab upload kemudian pilih gambar yang akan dipasang pada artikel.
mengupload gambar

Menambahkan link pada artikel blog

Selain gambar, kita juga bisa menempatkan link didalam artikel. Caranya klik dan select teks yang akan dibuat link lalu klik icon Link dibelah icon image kemudian tentukan parameter-parameter link seperti contoh berikut ini:
menambahkan link

Membuat jump break pada artikel blog

Jump break adalah potongan artikel yang menandai batas read more sebuah artikel. Bagi blog yang menerapkan auto read more pada template hal ini sekilas tidak terlalu penting. Namun karena hal ini juga lah saya sempat dibuat pusing selama dua hari karena masalah jumlah artikel yang ada dihalaman depan tidak bisa diatur karena lupa menambahkan jump break pada setiap artikel.
menambahkan link

Untuk membuat jump break, arahkan kursor mouse pada lokasi jump break dalam artikel kemudian klik icon kertas robek disebelah icon klip media untuk membuat jump break disitu.

Cara menggunakan pratinjau halaman

Untuk melihat tampilan sebenarnya dari artikel yang kita buat, kita bisa menggunakan fasilitas pratinjau pada blog. caranya adalah dengan klik tombol Pratinjau yang ada pada sebelah kanan atas disebelah tombol Simpan.
pratinjau halaman

Membuat label pada artikel

Setelah menulis artikel, jangan lupa memberi label pada artikel yang kita buat untuk memudahkan pengunjung blog menemukan artikel yang ada pada blog kita. Label ini pada beberapa penggunaannya mirip dengan kategori. Untuk membuat label caranya dengan klik teks label disebelah kanan lalu isi nama label pada text box. Kita bisa memberikan beberapa label pada satu artikel.
membuat label

Mengatur permalink

Permalink adalah link tetap yang menuju kepada artikel kita. Permalink ini biasanya secara otomatis mengambil dari judul artikel kita. Untuk mengatur permalink silahkan klik tautan permanen disebelah kanan lalu cek apakah permalink yang dihasilkan sesuai dengan judul artikel ataukan terpotong. Jika ternyata terpotong ,silahkan edit secara manual dengan klik tautan permanen Khusus lebih dahulu.
mengatur permalink

Mengatur ijin komentar

Untuk megatur ijin komentar pada sebuah artikel silahkan klik Pilihan atau icon roda gigi yang ada disebelah kanan bawah. Pilih opsi yang kita terapkan pada artikel, misalnya mengijinkan atau tidak mengijinkan komentar.
mengatur ijin komentar

Membuat halaman statis

Selain membuat artikel, kita juga bisa membuat halaman pada blog. Perbedaan antara halaman dan postingan artikel adalah halaman bersifat statis dan tidak terkait dengan tampilan dinamis blog. Halaman ini biasaya berisi informasi blog seperti tentang kami, privasi, disclaimer, sitemap dan lain-lain.
membuat halaman statis

Untuk membuat halaman baru silahkan klik menu Laman yang ada disebelah kiri lalu klik Laman Baru untuk membuat halaman. Akan tampak teks editor seperti saat kita membuat postingan artikel.
teks editor halaman statis

Mengatur format tanggal pada blog

Kita bisa mengatur format tampilan tanggal pada menu Setelan -> Bahasa dan Pemformatan, seperti berikut ini :
mengatur format tanggal

Mengatur jumlah postingan dihalaman depan

Sebelum mengatur jumlah postingan yang ada di halaman depan sebaiknya dibaca dahulu tentang jump break, karena jika tidak ada jump break pada artikel akan menyebabkan setelan  jumlah postingan dihalaman depan tidak bekerja dengan baik.
mengatur jumlah postingan
Untuk mengatur jumlah postingan yang ada dihalaman depan kita masuk ke menu Setelan -> Pos dan Komentar lalu isi jumlah pada pengaturan tampilkan sebanyak mungkin pos.

Mengatur Komentar Google+

Pada beberapa template, kita diharuskan menon-aktifkan komentar google+ pada blog. Caranya masuk ke menu Google+ disebelah kiri lalu jangan centang Gunakan komentar Google+.
mengatur komentar google +

Membuat Menu

Untuk membuat menu pada blog, kita lakukan secara manual dengan memanfaatkan fitur Edit HTML pada template. Cari teks menu kemudian edit dan sesuaikan dengan blog kita. tentunya ini memerlukan sedikit keahlian dasar HTML.

membuat menu

Memantau Statistik Blog

Untuk memantau perkembangan blog, ada baiknya kita memasang statistik pada blog. Kita bisa melihat pengunjung blog, page view blog dan peringkat blog. Untuk itu kita bisa menggunakan widget tambahan seperti Histats dan Alexa seperti contoh berikut ini.
memasang statistik blog
Cara memasang widget histats dan alexa akan ditulis pada artikel tersediri saja, karena agak panjang.

Demikian rangkaian proses membuat blog di blogger.com dari awal sampai jadi, semoga bermanfaat dan membantu teman-teman yang baru mulai membuat blog.

2 komentar:

  1. terimakasih tutorial blog nya, jadi tambah ilmu dan semangat buat mengembangkan blog saya ,,, , oh iya, kalo cara daftar webmaster tool gimana mas pur? katanya biar cepet menaikan level, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca di
      http://nulis-ilmu.blogspot.com/2015/06/cara-menggunakan-google-webmaster-part-1.html
      dan
      http://nulis-ilmu.blogspot.com/2015/06/cara-menggunakan-google-webmaster-part-2-end.html

      Delete