Wednesday, February 11, 2015

Cara Memasang Histats pada Blog

Setelah berhasil memasang widget Alexa rank, selanjutnya kita akan memasang widget Histats pada blog kita. Widget Histats ini disediakan secara gratis oleh situs www.histats.com. Widget Histats ini berisi tool-tool yang berfungsi untuk memantau pengunjung pada blog setiap harinya. Ada beberapa tool yang disediakan oleh Histats, diantaranya jumlah pengunjung blog (visitor) dan jumlah klik per halaman (page view). Histats juga bisa menampilkan jumlah pengunjung yang sedang membuka blog kita (sedang online) saat ini.

Histats sangat membantu pemilik blog dalam melihat perkembangan pengunjung blog. Data visitor yang diberikan Histats berupa pengunjung keseluruhan maupun pengunjung unik berfungsi untuk melihat berapa jumlah pengunjung blog kita dari waktu ke waktu. Data lain berupa klik halaman atau page view dipergunakan untuk melihat jumlah halaman yang dibuka setiap harinya (bahkan bisa dilihat secara detail per jam-nya). Data-data ini sangat dibutuhkan bagi blogger pemula seperti saya yang sedang merintis sebuah blog baru.

Untuk bisa memasang widget Histats pada blog, kita harus mempunyai akun pada situs Histats.com. Proses mendaftar akun sangat mudah dan gratis, cukup dengan menggunakan alamat email saja. Setelah mengisi form pendaftaran, kita akan diminta melakukan aktivasi melalui link yang dikirim melalui alamat email.

Setelah akun teraktivasi kita bisa mulai memasukkan alamat website yang akan dipantau, kemudian memilih jenis tampilan widget. Kemudian kita akan diberikan kode berupa javascript dan non-javascript untuk dipasang pada blog kita. Selanjutnya tinggal kopi paste saja kode ini pada widget HTML/Javascript seperti saat memasang widget Alexa Rank sebelumnya.

Berikut ini contoh urutan proses memasang Histats pada blog :

1. Buka website www.histats.com lalu masukkan alamat blog yang akan dipantau pada pada kolom Register your Website kemudian klik REGISTER untuk melanjutkan.
register histats
2. Lengkapi data yang diminta, sesuaikan dengan data blog yang akan dipasangi Histats, setelah selesai lalu klik Register.
isi data form register histats
3. Buka email aktivasi dari histats.com lalu klik link aktivasi yang dikirim melalui email untuk melkukan proses aktivasi akun.
4. Selanjutnya kita bisa login dengan email dan password sesuai data saat registrasi tadi, jika semua benar maka kita akan masuk ke halaman control panel seperti ini.
halaman control panel histats
5. Klik icon stats seperti ditunjukkan oleh gambar diatas, dan kemudian akan tampil detail halaman statistik seperti ini.
halaman statistik histats
6. Untuk memilih model counter yang akan ditampilkan, silahkan klik Counter Code yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih  add new counter.
memilih counter histats
7. Pilih salah satu counter yang diinginkan dengan cara meng-klik gambar counter, kemudian akan tampil seperti ini.
memilih statistik pada counter
8. Centang statistik dari parameter yang ingin ditampilkan lalu klik SAVE.
9. Kemudian model counter yang telah kita pilih tadi akan muncul pada daftar list counter, kita bosa membuat beberapa model counter jika mau.
mengambil kode counter histats
10. Untuk bisa memasang counter pada blog kita harus mengambil kode script counter tersebut dengan cara klik salah satu counter lalu perhatikan kode yang ada dibawahnya seperti pada gambar diatas.
11. Untuk tipe blog atau website yang tidak mengijinkan javascript, silahkan klik tab NO JAVASCRIPT untuk mendapatkan kode HTML.
mengambil kode counter histats html
12. Untuk blogspot, taruh kode tersebut pada widget HTML/Javascript yang telah ditambahkan sebelumnya.
13. Cara menambahkan widget HTML/Javascript dapat dilihat pada artikel memasang Alexa Rank pada blog.

Demikian seluruh proses memasang histats pada blog mulai dari registrasi sampai dengan memasang kode widget pada blog. Semoga dengan histats kita bisa memantau perkembangan blog kita untuk kemudian bersemangat meningkatkan isi dan kunjungan ke blog kita.

0 komentar

Post a Comment