Friday, February 6, 2015

Apa itu Toko Online ?

Toko Online adalah sebuah toko yang menjual barangnya secara online melalui website di internet. Toko online memperdagangkan produk dan jasa secara online. Pembeli atau konsumen dapat melihat langsung semua produk dan jasa dari toko online hanya melalui website atau aplikasi yang terhubung melalui internet.

Cara kerja toko online

Dengan sistem online, pengunjung toko tidak perlu datang ke toko seperti toko tradisional pada umumnya. Pembeli pun bisa melihat-lihat barang tanpa harus ebrjalan menyusuri lorong-lorong toko yang melelahkan.

Melalui toko online, pengunjung cukup menyusuri toko melalui layar komputer atau smartphone. Mereka bisa melihat produk dan jasa melalui beberapa kategori dan pencarian yang telah disediakan oleh pengelola toko.

Perkembangan toko online

Kemunculan toko online tidak lepas dari perkembangan website dan internet. Setelah website ditemukan pada tahun 1990, tercatat di Wikipedia bahwa pada tahun 1992 sudah muncul penjualan buku secara online yang dilakukan oleh Book Stacks Unlimited melalui website www.books.com.

Screenshot dari toko online Amazon
Screenshot dari toko online Amazon pada 21 januari 2015
Selanjutnya muncul toko online yang terkenal saat ini yaitu Amazon yang didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1995. Kemudian mulai muncul toko-toko online diberbagai negara seperti IndiaMART B2B di India pada tahun 1996, ECPlaza di Korea pada tahun 1996 dan tentunya Alibaba di Chine pada tahun 2001.

Perkembangan toko online di Indonesia

Akhir-akhir ini perkembangan toko online di Indonesia sangat pesat seiring dengan pertumbuhan pasar internet dan smartphone. Munculnya Tokobagus dan Berniaga saat itu cukup membangkitkan semangat jual beli secara online di Indonesia. Meski diakui sebelumnya telah ada Kaskus dengan Forum Jual Belinya, namun masyarakat luas mulai mengenal toko online melalui iklan-iklan Tokobagus dan Berniaga di Televisi.

screenshot dari toko online Lazada
Screenshot dari toko online Lazada pada 21 januari 2015
Kini setelah Tokobagus dan Berniaga tinggal cerita, muncul banyak sekali toko online baru seperti Tokopedia, Lazada,  Zalora dan masih banyak lagi. Masing-masing toko online tersebut menawarkan kemudahan yang beragam dalam menarik minat pengunjung seperti diskon dan big sale yang ada pada toko tradisional.

Cara membuat Website Toko Online

Untuk membuat website toko online yang besar dan profesional dengan barang yang banyak layaknya pasar swalayan seperti Lazada, Tokopedia dan Zalora tentunya dibutuhkan script website yang kmpleks dan pengelolaan yang harus ahli dan berpengalaman.

Namun kita juga bisa membuat website toko online secara kecil-kecilan untuk bisnis UKM misalnya menggunakan script toko online yang banyak tersedia sacara gratis. Kita bisa membuat etalase produk layaknya toko online besar, kemudian membuat sistem keranjang belanja dan membuat sistem check-out lalu membuat sistem pengiriman pada toko online kita.

Kita mengenal script ini sebagai CMS E-commerce atau CMS toko online. CMS adalah singkatan dari Content Management System. Ada dua CMS toko online yang populer yaitu Opencart dan Prestashop. Script dari CMS ini bebas didownload dari situsnya masing-masing.

Contoh tampilan dari CMS toko online Opencart :

Contoh tampilan dari CMS toko online Prestashop :


Setelah didownload dan instal pada website, kita harus melakukan beberapa pengaturan yang disesuaikan dengan toko online kita. Jika tidak mau repot, kita bisa membeli script toko online dari CMS Opencart maupun Prestashop yang telah dimodifikasi dan siap pakai untuk toko online di indonesia.

0 komentar

Post a Comment