Saturday, February 14, 2015

Apa itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Terus, apa itu SEO ? SEO adalah sebuah cara agar halaman website muncul di mesin pencari, terutama pada posisi atas mesin pencari. SEO sangat berguna untuk mendatangkan pengunjung blog. Dengan membuat halaman yang bagus dalam SEO maka pengunjung akan mudah menemukannya melalui mesin pencari kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi halaman blog atau website kita.

Bagaimana SEO bekerja ?

Cara kerja SEO adalah bagaimana menempatkan blog atau website kita pada posisi paling atas atau setidaknya pada halaman pertama untuk sebuah kata pencarian yang selanjutnya disebut dengan Keyword. Jika setiap halaman yang kita buat bisa berada pada posisi teratas pencarian maka bisa dipastikan jumlah pengunjung blog kita akan banyak dan ini bagus untuk perkembangan blog atau website kita.

Ada dua cara dalam menerapkan SEO pada website, yaitu dengan model On Page SEO dan Off page SEO. On Page SEO adalah menerapkan teknik-teknik SEO didalam sebuah halaman atau artikel didalam website. On Page SEO meliputi beberapa hal seperti penggunaan kata kunci, URL, deskripsi, judul, heading, isi artikel, tatanan teks dan paragraf, aturan gambar, dan lain-lain.

Sedangkan Off Page SEO adalah cara untuk meningkatkan kredibilitas atau popularitas sebuah website dimata mesin pencari. Off page SEO ini bisa dibangun salah satunya dengan memperbanyak backlink yaitu link aktif do follow yang menuju ke website kita. Hal ini karena menurut mesin pencari seperti Google, situs yang baik akan memiliki banyak link aktif yang menuju ke situs tersebut.

Teknik On Page SEO

Adalah teknik menerapkan SEO didalam halaman website. Dengan cara ini diharapkan sebuah halaman akan mudah dibaca oleh mesin pencari dan jika sangat relevan dengan kata kunci pencarian, maka halaman tersebut tentu akan ditampilkan pada posisi atas pencarian. On Page SEO bertugas menyediakan informasi penting yang dibutuhkan ketika mesin pencari merayapi (meng-crawl) website kita.

Seperti diketahui bahwa mesin pencari tidak mungkin membaca keseluruhan artikel dari website kita dan bahkan dari semua website yang ada didunia ini satu persatu, mesin pencari tentu hanya melihat ringkasan atau informasi yang terpenting saja. Jadi inti dari On Page SEO adalah cara bagaimana kita memberitahu mesin pencari tentang isi halaman kita dalam waktu singkat.

Berikut ini beberapa hal yang dilakukan untuk menerapkan On Page SEO :

  1. Membuat judul artikel yang sesuai dengan isi atau dengan kata lain buatlah judul yang merupakan representasi dari isi halaman. Misalnya kita membuat artikel yang menjelaskan tentang SEO maka bisa dibuat judul Pengertian SEO, Apa itu SEO dan sebagainya. Buatlah judul yang merupakan kata kunci yang banyak dicari pada mesin pencari.
  2. Lengkapi meta data pada halaman seperti keyword dan description. Misalnya kita membuat artikel tentang SEO maka meta keyword bisa diisi dengan belajar seo, pengertian seo, apa itu seo, mengenal seo, cara kerja seo dan lain-lain. Jangan lupa juga dengan meta deskripsi atau meta description, karena ini akan tampil sebagai penjelasan singkat pada hasil pencarian. Meta deskripsi yang baik merupakan sinopsis halaman dan berisi setidaknya 140 kata.
  3. Buat artikel dengan panjang setidaknya 400 kata sehingga cukup memberi penjelasan kepada pengunjung tentang sebuah topik yang kita tulis. Artikel yang panjang sangat disukai mesin pencari seperti Google, meski ini tidak menjadi satu-satunya faktor penentu. Dengan artikel yang panjang kita akan lebih banyak menyebutkan kata kunci didalam halaman dan juga bisa mengatur isi halaman dengan style pada paragraf-paragraf tertentu.
  4. Gunakan tag heading (tag H) secara terstruktur pada halaman, yang terbesar adalah Heading 1 (H1) dan terkecil biasanya Heading 6 (H6). Heading ini dibaca mesin pencari sebagai kata utama atau kepala dari artikel. Penggunaan heading yang tepat akan membuat artikel terbaca dan terindeks dengan baik pada mesin pencari.
  5. Pastikan setiap gambar memiliki ALT TEXT dan TITLE. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa sebuah gambar tidak bisa diidentifikasi oleh mesin pencari. Sedangkan pada pencarian disebutkan bisa mencari gambar, lalu bagaimana mesin pencari bisa mencari gambar? jawabannya adalah mesin pencari membaca ALT TEXT dan TITLE yang disematkan pada gambar. Untuk lebih detil tentang ALT TEXT bisa dilihat pada artikel Cara Menampilkan Gambar Pada HTML.
  6. Taruh kata kunci pada paragraf pertama dan terakhir halaman. Hal ini tidak secara eksplisit disebutkan dalam teknik SEO, namun munculnya kata kunci pada paragraf pertama merupakan deskripsi dan kata kunci pada paragraf terakhir dianggap sebagai kesimpulan. Ini boleh jadi mempermudah saat mesin pencari mengindeks halaman website kita.
  7. Buat permalink (URL) yang SEO Friendly, artinya link menuju ke halaman website harus berupa teks yang berhubungan dengan isi halaman atau kata kunci. Jangan gunakan permalink model program atau aplikasi seperti www.website.com/index.html?post_id=1 tapi gunakanlah permalink natural seperti ini www.website.com/judul-artikel.html.
  8. Pasang ID Webmaster search engine terkenal seperti Google dan Bing pada halaman. Dengan memasang ID Webmaster, maka mesin pencari akan mempunyai jejak dan mempermudah proses identifikasi sebuah website.

Teknik Off Page SEO

Adalah teknik SEO diluar isi halaman website. Teknik off page SEO ini misalnya membangun banyak backlink atau juga mendaftarkan website pada webmaster tool mesin pencari seperti Google dan Bing.

Berikut ini beberapa teknik off page SEO yang bisa kita lakukan:

  1. Bangun backlink dengan cara mengirim komentar pada website atau blog lain yang mempunyai page rank tinggi. Namun jangan berlebihan karena akan dianggap spam oleh pemilik website/blog. Buatlah komentar yang baik agar komentar kita diijinkan oleh pengelola website/blog. Jangan menjadi spam dengan mengirim komentar secara otomatis, ini malah akan memperburuk website/blog kita.
  2. Pastikan kita mendaftarkan website kita ke tool webmaster mesin pencari seperti Google dan Bing. Ini dilakukan sekali saja.
  3. Daftarkan URL dari setiap halaman baru yang kita buat pada tool webmaster seperti Google pada alamat https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  4. Masukkan halaman baru yang kita buat pada perayapan webmaster seperti Google pada alamat https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch.
  5. Cara nomor 4 dan nomor 5 harus dilakukan setiap ada artikel baru.
Demikian sedikit ulasan tentang apa itu SEO dan gambaran beberapa teknik SEO agar halaman website kita muncul pada peringkat teratas mesin pencari. Tentunya tidak semua dapat berjalan sesuai keinginan kita dan ada banyak faktor lagi yang menentukan peringkat kita pada mesin pencari.

Yang terpenting adalah terus menulis hal-hal yang bermanfaat, siapa tahu salah satu atau beberapa tulisan kita ada yang muncul pada posisi teratas mesin pencari. Karena salah satu inti sebenarnya dari membuat blog atau website adalah menyampaikan informasi, buat apa unggul secara SEO jika informasi yang kita tulis sama sekali tidak bermanfaat dan hanya berorientasi pada SEO belaka.

0 komentar

Post a Comment