Sunday, February 8, 2015

Apa itu Blog ?

Blog adalah singkatan dari Web log atau Website Log. Blog sebetulnya merupakan salah satu jenis website yang berisi catatan-catatan yang dalam bahasa inggris disebut dengan log. Sebuah blog cenderung lebih dinamis dibandingkan dengan website konvensional. Sebuah blog aktif berisi banyak materi dan biasanya ditampilkan secara terbalik, tulisan paling baru berada diatas.

Sejarah Blog

Istilah blog mulai populer sejak munculnya Blogger.com, yaitu sebuah situs yang menyediakan layanan Blogging secara gratis milik Pyra Labs yang selanjutnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Nama Blog berasal dari weblog yang pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997 dan kemudian oleh Peter Merholz disingkat menjadi blog pada tahun 1999.

Website berjenis blog sebetulnya sudah muncul pada tahun 1994 yaitu links.net yang dibuat oleh Justin Hall seorang mahasiswa dari Swartmore. Sedangkan penggunaan komentar di dalam blog muncul pada tahun 1998 diprakarsai oleh Blog Open Diary yang dibuat oleh Bruce Ableson.

Perkembangan blogging semakin populer setelah Google mengakuisisi Blogger.com dan mengintegrasikan dengan semua layanan Google. Blogger.com semakin menarik setelah terkait dengan program Adsense, yaitu layanan iklan Google didalam blog yang bisa mendatangkan uang bagi pemilik blog.

Selain Blogger.com sebetulnya ada banyak layanan blog lainnya seperti misalnya Wordpress.com yang diluncurkan pada tahun 2003. Akhir-akhir ini juga muncul istilah micro blogging, yaitu ngeblog dengan tulisan yang sedikit dan materi yang singkat. Situs micro blogging yang terkenal saat ini adalah Twitter dan Tumblr.

Apa itu Blogger

Blogger adalah istilah untuk menamakan penulis blog atau tukang ngeblog. Blogger adalah orang yang mengelola blog seperti mengisi blog, memoderasi dan menjawab komentar didalam blog dan semua aktifitas yang terkait dengan blog.

Seiring dengan perkembangan dunia blogging semakin banyak pula blogger-blogger bermunculan. Beberapa diantara mereka bahkan ada yang membentuk sebuah komunitas blogger karena ada kesamaan tempat, materi atau asal sekolah/kampus. Komunitas blogger ini bisa saja membuat kegiatan offline maupun online seperti kopi darat, bakti sosial, diskusi, dan sebagainya.

Materi Blog

Blog berisi materi yang ingin disampaikan oleh penulis blog. Isi materi ini bisa berupa tulisan, gambar, video, script dan lainnya yang mendukung penyampaian materi didalam blog. Materi blog biasanya berupa tulisan mirip berita dengan format penyampaian lurus ke bawah dan ditampilkan dalam satu halaman website.

Sebuah blog yang baik berisi materi yang asli dan tidak merupakan hasil kopi paste dari blog lain. Seiring dengan populernya mencari uang melalui blog, beberapa blogger banyak yang mengambil jalan pintas dengan "mencuri" artikel dari blog lain. Hal ini tentu tidak dibenarkan dalam ngeblog.

Fungsi Blog

Seperti website pada dasarnya blog berfungsi sebagai media informasi. Prinsipnya seorang penulis blog ingin menyampaikan informasi melalui tulisan atau artikel didalam blog. Fungsi ini tercermin dengan munculnya sub domain blog pada beberapa website. Misalnya sebuah website toko online memiliki nama www.tokosabrina.com memiliki sarana informasi berupa blog dengan sub domain blog.tokosabrina.com.

Pada perkembangannya, sebuah blog kemudian memiliki fungsi yang lebih luas diantaranya sebagai sarana mencari uang dan sarana pencitraan untuk menunjukkan eksistensi diri. Fungsi blog untuk mencari uang kemudian berkembang menjadi lebih populer seiring dengan peribahasa "ada gula ada semut", maka "ada uang ada orang" dan begitulah blog kemudian berkembang.

Cara Membuat Blog

Untuk bisa memiliki sebuah blog, kita harus membuatnya lebih dahulu. Proses membuat blog lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan membuat website. Sebuah blog bisa dibuat mulai dari nol sampai jadi hanya dalam hitungan menit saja. Untuk mengatur tampilan kita bisa memilih banyak tema dan widget yang telah disediakan.

Seperti sesuatu pada umumnya ada yang gratis dan ada yang berbayar, demikian juga dengan blog. Bagi pemula dan masih tahap belajar biasanya mulai dengan blog yang gratis dahulu. Kita bisa membuat blog secara gratis pada beberapa situs penyedia layanan blogging seperti Blogger.com dan Wordpress.com.

Sebuah blog yang berbayar atau komersial biasanya menggunakan domain TLD seperti .COM atau .NET. Blog seperti ini biasanya dibuat jika untuk tujuan komersial seperti Monetisasi blog atau pencitraan melalui blog. Perbedaan blog berbayar dan blog gratis ini hanya pada domain dan hosting saja, selebihnya isi blog adalah sama tergantung dari penulis dan pengelolaannya.

Mendapatkan Uang dari Blog

Salah satu manfaat yang menarik dari blog bagi penulis adalah bisa menghasilkan uang. Penghasilan yang didapat dari blog tidak terbatas dan bisa menjadi pasif income bagi pemiliknya. Sebuah blog terkenal dengan banyak pengunjung biasanya akan menghasilkan banyak uang.

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari blog, diantaranya yang paling poluler melalui iklan. Ada banyak sistem iklan yang bisa diterapkan pada blog misalnya iklan PPC (pay per click) seperti Google Adsense. Dengan sistem iklan PPC, pemilik blog akan dibayar atau mendapat komisi jika ada pengunjung yang meng-klik iklan pada blog tempat dipasang iklan PPC.

Selain iklan PPC, kita bisa menghasilkan uang dari blog dengan program-program lain seperti PPR (Pay Per Review), PPS (Pay Per Survey) dan PPD (Pay Per Download). Jika masih ada sisa ruang, kita bisa tempatkan lagi link-link afiliasi didalam blog. Selanjutnya kita akan dibayar atau mendapat komisi jika ada pembeli yang diarahkan melalui afiliasi didalam blog kita.

Kita juga bisa menambah penghasilan dengan menjual barang kita melalui blog. Tidak serumit toko online namun pada beberapa blogger terbukti cukup bermanfaat. Misalnya kita membuat blog tentang pemrograman, kita bisa jual produk software kita melalui blog tersebut.

Demikian uraiaian mengenai blog, semoga menambah wawasan dan menjadi semangat membuat blog yang belum mempunyai blog. Jika ada yang mau koreksi atau ada yang ingin ditambahkan silahkan corat-coret di kolom komentar ya.

1 komentar: