Friday, February 27, 2015

Apa Itu 4G ?

4G adalah singkatan dari 4th Generation (dibaca=fourth generation) yaitu sebuah istilah dalam bahasa inggris yang berarti generasi ke-empat. 4G (dibaca=four ji) atau generasi ke-empat yang dimaksud disini adalah penggunaan istilah dalam jaringan komunikasi transfer data tanpa kabel. Karena disebut generasi keempat, tentu sebelum 4G ada yang disebut dengan 1G, 2G dan 3G. Khusus untuk 3G tentu sudah tidak asing lagi, karena sebagian besar internet saat ini sudah menggunakan 3G.

Kecepatan transfer data pada jaringan 4G sangat fantastis, yaitu mencapai 100Mbps (Mega bit per second) dalam kecepatan tinggi seperti pada kereta api yang sedang berjalan. Dan pada kondisi diam bisa mencapai 1Gbps (Giga bit per second), WOW!. Jaringan 4G ada dua macam yaitu WiMAX dan LTE, namun yang lebih populer saat ini adalah teknologi 4G LTE (Long Term Evolution).

Sejarah jaringan komunikasi sebelum 4G

1G atau generasi pertama lahir pada tahun 80-an dan merupakan jaringan transfer data tanpa kabel (wireless) yang pertama. 1G saat itu masih menggunakan sistem analog dengan menggunakan frekuensi audio. Sistem 1G yang pertama adalah NTT (Nippon Telegraph and Telephone) in 1979 kemudian diikuti oleh NMT (Nordic Mobile Telephone) pada tahun 1981 dan AMPS (Analog Mobile Phone System) pada tahun 1983.

2G adalah penerus dari 1G dan sudah mengadopsi teknologi digital. Jaringan 2G yang populer adalah GSM(Global System mobile) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Komunikasi data seluler pada jaringan 2G yang terkenal adalah GPRS (General packet radio service). Jaringan 2G sempat dikembangkan menjadi lebih cepat yang kemudian dengan jaringan 2.5G dengan paket data yang disebut EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution).

3G adalah generasi ketiga yang merupakan penerus 2G dan pendahulu 4G. Mendengar teknologi 3G tentu sudah tidak asing ditelinga kita karena memang sudah kita gunakan sehari-hari. Tentu kita masih ingat saat pertama kali 3G diperkenalkan dimana ada sebuah fitur yang selalu ditampilkan dalam setiap iklan 3G yaitu layanan video call atau telepon video. Memang kelebihan teknologi 3G saat itu adalah kecepatannya yang sudah mampu mengirimkan data berupa gambar bergerak dengan stabil dan tidak terputus-putus.

Jaringan 3G dikenal dengan istilah UMTS (Universal Mobile Telecommunications System). Selain itu sistem komunikasi pada jaringan 3G ini disebut juga dengan WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access). Pada perkembangan selanjutnya muncul teknologi 3.5G dengan kecepatan sampai 7.2Mbps. Jaringan transfer data 3.5G dikenal dengan HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). Setelah 3.5G masih ada lagi 3.75G dengan paket datanya yang disebut HSPA (High Speed Packet Access) dengan kecepatan mencapai 14.4Mbps.

Pengertian 4G

4G adalah generasi ke-empat dalam dunia komunikasi data tanpa kabel (wireless). 4G pertama kali dicetuskan pada maret 2008 oleh International Telecommunications Union-Radio communications sector (ITU-R) dengan standar teknologi yang disebut dengan International Mobile Telecommunications Advanced (IMT-Advanced). Teknologi 4G dirancang untuk komunikasi data kecepatan tinggi dengan batasaan minimal 100Mbps dan maksimal bisa mencapai 1Gbps.

Ada dua standar komunikasi data yang menjadi kandidat rilis 4G, yaitu WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dan LTE (Long Term Evolution). Teknologi WiMAX dan LTE memang tidak sepenuhnya mengikuti standar IMT-Advanced, namun mereka sudah terlanjur diklaim sebagai teknologi 4G oleh penyedia layanan.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)

WiMAX adalah teknologi pengembangan dari sistem Wi-Fi dengan kecepatan tinggi dan jangkauan yang lebih luas. Teknologi WiMAX pertama kali dikembangkan di Korea Selatan. Sistem WiMAX mengacu pada standar IEEE 802.16 Air Interface Standard. Kecepatan WiMAX bisa mencapai 128 Mbps downlink dan 56 Mbps uplink.

Di Indonesia,teknologi WiMAX sudah dikomersilkan oleh Sitra WiMAX pada tahun 2010. Sitra WiMAX adalah  bagian dari Group Lippo dan merupakan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Pada operasionalnya, Sitra WiMAX melayani daerah sekitar Jabodetabek, SUmatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. Meski teknologi ini berkembang luas di Korea Selatan, namun perkembangannya di Indonesia belum seluas teknologi 3G.

LTE (Long Term Evolution)

LTE adalah sebuah teknologi komunikasi data tanpa kabel yang berbasis GSM/UMTS. Berbeda dengan WiMAX, LTE dapat diterapkan pada perangkat mobile seperti Smartphone dan tablet melalui SIM Card. Format LTE pertama kali diperkenalkan oleh NTT DoCoMo dari Jepang dan akhirnya menjadi standar internasional.

LTE sebenarnya bukanlah merupakan teknologi 4G, meskipun dalam pemasaran diklaim sebagai teknologi 4G. LTE yang di tetapkan oleh 3GPP pada release 8 dan 9 belum memenuhi standar 4G dari ITU-R. Teknologi LTE yang bisa disebut sebagai 4G yang sebenarnya adalah teknologi LTE Advanced yang telah ditetapkan oleh 3GPP sebagai release 10 pada April 2011.

Kecepatan LTE Advanced mencapai 1 Gbps dan upload mencapai 500Mbps. Dengan kecepatan segitu, kita bisa download file sebesar 1GB selama kurang lebih 8 detik saja (ingat 1GB = 8Gb). Kecepatan ini tentu jauh dari kecepatan 3.75G HSPA yanghanya mencapai 14.4Mbps saja.

Penerapan teknologi LTE di Indonesia dimulai pada 14 November 2013 dengan ditandai oleh peluncuran produk Bolt dari PT. Internux. Sementara itu beberapa operator seluler GSM di Indonesia seperti Telkomsel, XL dan Indosat mulai melakukan ujicoba teknologi 4G di beberapa tempat di Indonesia.

Yang pertama melakukan ujicoba adalah Telkomsel yang melakukan ujicoba jaringan 4G LTE saat konferensi APEC di Bali pada tanggal 1–8 Oktober 2013. Kemudian disusul dengan operator XL yang melakukan ujicoba pada 28 Oktober 2014 di Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City dan Graha XL. Tidak mau kalah dengan Telkomsel dan XL, Indosat akhirnya bisa melakukan ujicoba jaringan 4G pada 20 November 2014.

Itulah sekilas informasi tentang apa itu 4G, semoga bisa menambah wawasan untuk menyongsong teknologi 4G yang sudah didepan mata dan sedang berjalan menuju kita. Yang diharapkan pengguna internet dari operator tentu dengan peningkatan efisiensi transfer data ini maka biaya internet nantinya juga menjadi lebih murah dan terjangkau.

*) logo 4G, sumber= jhack.co.uk

0 komentar

Post a Comment