Saturday, February 21, 2015

7 Mitos Tentang Alexa Yang Ternyata Tidak Benar

Alexa rank adalah layanan peringkat situs yang disediakan oleh Alexa.com. Alexa berdiri pada tahun 1998 dan seiring dengan perkembangan Alexa, ada beberapa mitos yang banyak berkembang di internet tentang Alexa, terutama tentang cara memperbaiki peringkat alexa dengan cepat. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberi pandangan lain tentang Alexa dan sistem peringkat yang diterapkan oleh Alexa.

Tulisan ini bersumber dari artikel Top 6 Myths about the Alexa Traffic Rank yang ditulis Greg Orelind, Senior Product Manager Alexa. Menurut artikel tersebut setidaknya ada 6 mitos tentang alexa yang tidak benar, dan saya telah membuktikannya setidaknya selama 1 bulan ini. Beberapa trik untuk menaikkan peringkat Alexa telah saya coba dan ternyata memang hanya mitos belaka. Dan sebagai tambahan, saya menambahkan satu mitos lagi tentunya.

Berikut 7 mitos yang tidak benar tentang Alexa, 6 menurut Greg dan 1 tambahan dari saya pribadi.

Mitos ke-1: Alexa hanya mengukur traffic dari pengunjung yang telah menginstal Alexa toolbar

Mitos diatas sangat-sangat tidak benar menurut Greg. Pengukuran Alexa tidak berdasarkan Alexa toolbar melainkan pada data-data yang besar yang berasal dari ekstensi browser dan plugin. Alexa toolbar hanyalah salah satu tool yang disediakan Alexa.

Jadi anggapan jika peringkat Alexa akan naik jika banyak pengunjung sebuah situs yang menginstal Alexa toolbar, itu sangatlah tidak benar dan tidak berdasar. Saya sudah buktikan dengan memasang Alexa toolbar pada google chrome saya dan peringkat blog ini bukannya lebih baik tetapi malah justru turun dari yang semula 700ribuan menjadi hampir 900rban.

Mitos ke-2: Alexa hanya mengukur kunjungan dari pada Internet Marketer dan pengelola situs atau para Webmaster dan Blogger.

Hal ini terkait dengan item nomor 1. Mereka yang menginstal Alexa toolbar biasanya seorang Internet Marketter atau Webmaster atau Blogger seperti saya. Mitos yang berkembang terkait hal ini adalah blog-blog yang berkaitan dengan tips blogging, seo dan internet marketing akan memiliki peringkat yang lebih baik.

Pertanyaannya mengapa peringkat Alexa sebuah situs porno bisa lebih baik dari situs-situs tutorial web dan blogging? Bukankan hal ini membuktikan bahwa data yang diambil Alexa sangat kompleks dan tidak sesederhana ungkapan pada mitos nomor 2 diatas.

Mitos ke-3: Peringkat Alexa dipengaruhi oleh Claim situs

Claim situs hanya berguna untuk penggunaan fitur-fitur yang disediakan oleh alexa seperti data pengunjung misalnya browser yang dipakai, dari negara mana, jenis kelamin dan sebagainya. Data-data ini mirip dengan data pada Google Analytics.

Jadi Claim situs sama sekali tidak mempengaruhi peringkat sebuah website. Dan sebuah website akan tetap diberi peringkat oleh Alexa meskipun tidak memasang id verifikasi Claim situs Alexa pada Blog.

Mitos ke-4: Peringkat Alexa dipengaruhi oleh pemasangan widget Alexa

Satu lagi mitos yang salah adalah tentang pemasangan widget Alexa pada blog dapat meningkatkan peringkat sebuah situs. Saya sudah memasang widget Alexa sejak awal membuat blog ini dan yang paling berpengaruh pada peringkat saya adalah jumlah kunjungan dan isi/materi blog termasuk pemilihan tema. Widget alexa hanya bertujuan memudahkan pengunjung dalam melihat peringkat sebuah situs, tidak lebih dari itu.

Jadi tips yang menyuruh memasang widget Alexa pada blog untuk memperbaiki peringkat sebuah situs sama sekali tidak benar dan telah saya buktikan. Setelah sempat saya hapus saat mengganti template, kemarin sekitar dua bulan yang lalu saya pasang kembali widget Alexa. Dan hasilnya seperti saya sebutkan tadi, bukannya lebih baik malah menjadi lebih buruk peringkatnya.

Mitos ke-5: Peringkat Alexa dipengaruhi oleh lalu lintas per hari

Perubahan peringkat Alexa yang rata-rata perhari memunculkan anggapan kalau peringkat Alexa dipengaruhi oleh kunjungan harian, ini jelas salah menurut Greg. Peringkat Alexa merupakan perhitungan yang cemat selama 3 bulan, jadi yang dilihat dalam satu haru adalah 1/90 dari data Alexa.

Artinya peringkat sebuah situs tidak ditentukan oleh kunjungan perhari melainkan 3 bulan dengan juga memperhatikan pergerakan peringkat satu situs terhadap situs yang lain.

Mitos ke-6: Peringkat Alexa akan lebih baik jika membayar Alexa

Ini adalah satu trik yang sejak saya membacanya sudah terasa aneh dan janggal. Bagaimana kredibilitas sebuah lembaga survey dapat dipertanggung jawabkan jika ia mau disogok untuk menaikkan peringkat situs tertentu? Menurut saya mitos ini mengada-ada, meskipun memang Alexa bermain dan Greg ternyata berbohong namun saya tetap tidak percaya Alexa mau dibayar untuk menaikkan peringkat sebuah situs.

Fasilitas premium member pada Alexa diperuntukkan bagi pada Webmaster dan Blogger yang melakukan kegiatan Internet Marketing untuk memantau perkembangan situs dan mendapatkan poin-poin penting untuk pengembangan situs. Itulah mungkin yang menyebabkan pada premium member Alexa mendapat peringkat lebih baik. Karena memang mereka memiliki "penasehat" untuk mengembangkan website atau blog mereka.

Mitos ke-7: Peringkat Alexa akan lebih baik jika menulis tentang Alexa

Mitos ini juga terkait dengan mitos ke-6 namun tidak tentang uang. Mitos ini merupakan tambahan dari saya pribadi dan diluar tulisan dari Greg. Melalui mitos ini seolah-olah jika kita "menyogok" Alexa dengan memperkenalkan Alexa melalui tulisan pada blog maka Alexa akan "membalas budi" dengan menaikkan peringkat Alexa dari blog tersebut.

Hal ini juga sudah saya buktikan dengan menulis artikel tentang cara memasang alexa rank pada blog terbaru dan yang ada peringkat situs saya malah turun.

Demikianlah ketujuh mitos Alexa yang tidak benar. Hendaklah ini menjadi pelajaran bahwa peringkat Alexa tidak diperoleh dalam waktu singkat seperti kesalahan-kesalahan blogger yang telah saya sampaikan. Rajinlah menulis dan promosikan blog atau website kita agar menjadi lebih baik dan peringkat Alexa akan naik dengan sendirinya.

3 komentar:

  1. Saya memasang alexa toolbar dan widget dan itu punya pengaruh lho ke peringkat Alexa saya. Dalam sebulan bisa tembus 3 jutaan. Tapi memang selanjutnya kita harus berjuang dengan nulis artikel yang bagus agar pengunjung makin ramai dan alexa makin ramping ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga mengira hal tersebut benar mas, namun tulisan Greg mengubah pandangan saya tentang hal itu. Mungkin saat awal-awal nulis memang peringkat blog bisa naik dengan cepat, tapi saya kira kok ndak ada hubungannya sama toolbar dan widget-nya

      Delete
  2. Tujuh mitos di atas kayaknya memang terbukti juga pada blog saya mas. Terima kasih share ilmunya...

    ReplyDelete