Saturday, February 21, 2015

7 Langkah Belajar Komputer Untuk Pemula

Saat ini peran komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin luas dan menjangkau hampir setiap aspek kehidupan. Tentunya setiap kita dituntut untuk bisa menggunakan komputer. Sekilas bagi yang belum bisa komputer tampak bahwa komputer begitu sulit dan membingungkan. Nah, pada tulisan ini akan dijelaskan 7 langkah mudah belajar komputer untuk pemula.

Hal-hal dasar yang perlu dikuasai seperti cara memasang periperal komputer, cara menghidupkan dan mematikan komputer, dan kemampuan dasar dalam menggunakan komputer akan dijelaskan disini. Tujuan saya dengan adanya tulisan ini dapat memberi gambaran dan bahan materi bagi yang sedang belajar komputer atau yang sedang mengajari komputer.

Berikut ini 7 langkah belajar komputer untuk pemula :

1. Mengenal komputer

Komputer adalah sebuah perangkat yang bisa memproses data. Komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak(software) dan perangkat otak(brainware). Komputer bekerja berdasarkan logika sederhana yaitu input, proses dan output.

Sebagai contoh saat kita membuat dokumen, maka yang menjadi input adalah hal-hal yang ada diotak kita yang kita masukkn ke komputer melalui mouse dan keyboard. Selanjutnya pada komputer terjadi proses data yang dikerjakan oleh prosor dan ram.

Bagian output komputer saat kita mengetik adalah berupa gambar yang tampil pada layar monitor. Kemudian saat kita simpan dokumen tersebut maka outputnya adalah berupa file yang disimpan didalam harddisk atau flashdisk. Lalu saat kita mencetak dokumen, maka file dokumen yang kita ketik tadi dikirim kemesin pencetak yang disebut printer. Oleh printer, file dokumen tadi dicetak pada kertas sehingga menjadi output dokumen nyata.

2. Mengenal nama-nama hardware dan periperal komputer

Hardware adalah perangkat keras yang terbuat dari komponen elektronik dan mekanik yang mempunyai fungsi tertentu pada komputer.
blok diagram hardware komputer

Berikut ini nama-nama hardware yang umum pada komputer:
  • Power Supply, adalah perangkat penyedia tegangan supply untuk semua bagian komputer
  • Mainboard, adalah perangkat yang merupakan bagian utama komputer, berisi CMOS, Chipset dan soket-soket penghubung ke seluruh bagian komputer.
  • Prosesor, adalah otak dari komputer yang mengerjakan setiap perintah pada komputer
  • RAM, adalah memori sementara yang membantu kerja prosesor
  • Harddisk, adalah perangkat untuk menyimpan data pada komputer
  • CD/DVD ROM, adalah perangkat untuk membaca disk dalam media Cd atau DVD
  • Mouse, adalah perangkat untuk mengendalikan pointer pada layar
  • Keyboard , adalah papan ketik untuk memasukkan huruf, angka, dan karakter-karakter pada komputer
  • Monitor, adalah perangkat untuk menampilkan gambar atau teks dari komputer
  • Printer, adalah perangkat untuk mencetak dokumen kedalam kertas.

3. Memasang dan menghubungkan periperal komputer

Pada komputer desktop, tiap-tiap periperal harus dihubungkan dahulu sebelum bisa digunakan. Ada bagian-bagian kecil yang sudah dirangkai oleh teknisi didalam sebuah unit yang biasa disebut CPU. Dan ada pula bagian-bagian yang merupakan alat interaksi dengan pengguna yang tidak bisa ditaruh didalam CPU. Bagian bagian tersebut seperti misalnya mouse, keyboard, monitor, audio dan printer.

port komputer
Berikut ini beberapa panduan untuk menghubungkan periperal komputer
  • Mouse dengan model colokan bulat berwarna hijau, dipasang pada colokan hijau yang ada dibagian belakang CPU.
  • Keyboard dengan model colokan bulat berwarna merah, dipasang pada colokan merah yang ada dibagian belakang CPU.
  • Kabel dari monitor dipasang pada colokan VGA 15 pin yang ada dibelakang CPU, biasanya berwarna biru.
  • Untuk monitor dengan colokan HDMI, dipasang pada terminal HDMI yang biasanya berada disebelah colokan VGA.
  • Untuk periperal dengan koneksi USB seperti mouse, keyboard dan printer bebas dipasang pada colokan USB mana saja.
  • Pemasangan tiap-tiap periperal ini sudah dirancang untuk tidak bisa terbalik, jadi perhatikan saja letak pin dan modelnya

4. Menghidupkan dan mematikan komputer

Untuk menghidupkan komputer, kita tekan saja tombol ON yang ada dipanel depan. Setelah hidup, komputer akan melakukan beberapa proses sebelum sampai pada tampilan desktop. Silahkan tunggu beberapa saat karena proses ini memakan waktu yang agak lama tergantung dari kecepatan komputer dan sistem operasi yang digunakan.

Untuk mematikan komputer kita bisa lakukan dengan menekan tombol ON tadi sekali lagi. Secara otomatis komputer akan mulai proses shut down dan selanjutnya diikuti dengan mematikan daya pada komputer.

Jika pernah dengar istilah atau perintah "Jangan mematikan komputer melalui tombol, tapi matikan komputer dengan menu Shutdown". Ini juga bisa dilaksanakan karena memang komputer-komputer jaman dahulu misalnya sekitar tahun 1996 saat saya masih STM masih menggunakan sistem HARD SWITCH, artinya Tombol power benar-benar memutus dan menyambung aliran listrik.

Namun untuk komputer model sekarang yang menggunakan sistem SOFT SWITCH, memtikan komputer sudah bisa bisa dilakukan dengan menekan tombol POWER. Hal ini karena oleh program, tombol POWER dirancang sama dengan klik perintah Shutdown. Jadi kita tetap menjalankan proses shut down saat mematikan komputer.

5. Mengerti prinsip kerja komputer secara sederhana

Pada langkah ketiga disebutkan jika komputer akan melakukan beberapa proses saat baru dihidupkan. Proses ini secara umum terbagi tiga, yaitu Start, Booting dan Desktop. Start adalah proses startup komputer seperti deteksi hardware, memori test dan loading setting komputer didalam bios. Bios adalah singkatan dari Basic Input Output System.

Proses selanjutnya setelah start adalah booting. Proses ini membaca data dan me-load sistem operasi yang disimpan pada harddisk. Proses booting ini relatif lebih lama dari proses startup tergantung dari sistem operasi yang diinstal dan kecepatan komputer yang digunakan. Pada proses booting komputer belum bisa dipakai.

Proses terakhir adalah tampilan desktop, yaitu tampilan layar dengan wallpaper dan icon-icon serta sebuah taskbar dengan start menu. Pada tahapan ini komputer akan meload beberapap program yang diset jalan saat start up seperti antivirus. Setelah semua selesai baru kita bisa memakai komputer untuk mengerjakan tugas sehari-hari atau sekedar browsing atau nge-game.

6. Mengerti aplikasi File Explorer dan beberapa operasi dasar file

File adalah istilah untuk menamakan data yang tersimpan dlam komputer. Untuk mengelola sebuah file kita memerlukas sebuah file explorer seperti pada Windows dikenal dengan Windows Explorer. Dengan aplikasi file explorer, kita bisa melakukan beberapa operasi dasar file seperti copy file, pindah file dan hapus file.

Copy file artinya kita membuat salinan sebuah file. Caranya dengan klik kanan pada file lalu pilih Copy dan pada folder baru kita klik kanan lagi pilih Paste. Pindah file (Move) caranya seperti Copy file, hanya saja saat klik kanan pada file yang dimaksud, kita pilih Cut. Untuk menghapus file, kita klik pada file tersebut lalu tekan tombol Delete pada Keyboard, atau klik kanan pada file pilih Delete.

7. Bisa menjalankan sebuah program

Inti dari menggunakan komputer sesungguhnya terletak pada program aplikasi. Seperti pada langkah nomor 6 kita telah belajar untuk menjalankan program Windows Explorer. Untuk menjalankan sebuah program pada komputer, kita tinggal klik Link Shortcut Program yang ada pada Start Menu atau klik icon pada desktop.

Untuk bisa menggunakan sebuah program, misalnya Microsoft Word atau Microsoft Eexcel, kita harus belajar secara khusus mengenai program tersebut. Untuk memahami cara menggunakan program kecil seperti multimedia player atau game biasanya membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada harus mengerti cara mengetik dengan Microsoft Word misalnya.

Demikian beberapa langkah belajar komputer untuk pemula, semoga bisa menjadikan bahan materi pembelajaran bagi yang akan mulai belajar komputer atau yang sedang dalam tugas mulia mengajarkan komputer kepada sesama. Semoga komputer membuat hidup kita menjadi lebih baik. Amin.

0 komentar

Post a Comment