Thursday, February 19, 2015

7 Alasan Kita Harus Membuat Blog

Seiring dengan perkembangan dunia internet yang semakin pesat akhir-akhir ini saya sarankan untuk kita para pengguna internet agar segera membuat blog. Ada banyak alasan yang mendorong kita untuk membuat blog. Dengan membuat blog kita akan memperoleh banyak sekali manfaat seperti berbagi pengetahuan yang pada akhirnya dapat membuat kita sendiri menjadi lebih pintar. Blog juga bisa dipakai sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang dan menambah pengasilan.

Membuat blog sangat mudah, menulis artikel dan mengisi blog juga tidak terlalu sulit. Selama isi blog sesuai dengan apak yang kita bisa, apa yang kita lakukan sehari-hari dan tidak dibuat-buat hanya untuk mencari trafik pengunjung saya kira mengelola blog tidak terlalu sulit. Apalagi sekarang banyak sekali panduan-panduan dalam membuat blog dari para master dan senior yang telah berpengalaman dalam dunia blogging.

Banyak sekali layanan membuat blog gratis diantaranya adalah Blogger.com dan Wordpress.com. Dengan demikian bukankan sebetulnya kita telah difasilitasi untuk membuat blog. Yang dibutuhkann hanya koneksi internet dan kemauan kita untuk menulis dan berbagi ilmu untuk balas budi kepada dunia yang sebelumnya telah lebih dahulu berbagi banyak ilmu kepada kita.

Sekilas tentang Blog

Blog adalah singkatan dari Web log atau Website Log. Blog sebetulnya merupakan salah satu jenis website yang berisi catatan-catatan yang dalam bahasa inggris disebut dengan log. Sebuah blog cenderung lebih dinamis dibandingkan dengan website konvensional. Sebuah blog aktif berisi banyak materi dan biasanya ditampilkan secara terbalik, tulisan paling baru berada diatas.

Istilah blog mulai populer sejak munculnya Blogger.com, yaitu sebuah situs yang menyediakan layanan Blogging secara gratis milik Pyra Labs yang selanjutnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Nama Blog berasal dari weblog yang pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997 dan kemudian oleh Peter Merholz disingkat menjadi blog pada tahun 1999.

Untuk pembahasan lebih detail tentang blog dapat dilihat pada tulisa sebelumnya tentang apa itu blog?

Alasan kita membuat Blog

banyak sekali manfaat yang bisa menjadikan alasan dan dorongan untuk kita membuat blog. Yng saya tulis disini hanya beberapa saja yang saya anggap penting dan merupakan alasan saya membuat blog.

Berikut ini beberapa alasan dan manfaat kita membuat blog :

1. Blog membuat kita pintar

Dengan membuat blog kita akan lebih sering mencari referensi dari artikel yang akan kita tulis. Biasanya saat menetapkan judul artikel kita sendiri sudah tahu tentang isi artikel yang terkait dengan judul tersebut. Namun biasanya agar tulisan lebih lengkap dan tidak terlalu singkat maka kita berusaha untuk menambahkannya dari beberapa sumber dan referensi di Internet.

Hal ini secara tidak langsung membuat kita menjadi lebih tahu dan lebih pinter dalam hal yang kita tulis tadi. Dan semakin kita banyak menulis, semakin bertambahlah pengetahuan kita. Dengan demikian secara tidaklangsung akan membuat kita menjadi lebih pintar

2. Blog membuat kita ingat

Salah satu motivasi saya dalam membuat blog adalah membuat catatan dari solusi masalah yang sudah saya selesaikan. Hal ini agar saya tidak lupa dikemudian hari dan jika ada teman yang bertanya saya bisa buka blog untuk membantu menjelaskannnya. Blog juga saya fungsikan sebagai catatan eksperimen-eksperimen dan rangkuman penjelasan dari para master dan senior. Pepatah bilang, ikatlah ilmu dengan menuliskannnya.

Ngeblog sebetulnya mirip dengan mencatat, hanya saja catatan yang kita buat tidak seperti catatan pada notepad atau pada buku. Dengan membuat artikel yang berasal dari pengalaman kita sehari-hari maka kita akan lebih ingat dan bisa menjadi garis "time line" kehidupan kita.

3. Blog sarana berbagi pengetahuan

Dengan menuliskan sesuatu di blog, secara tidak langsung kita sudah berbagi pengetahuan kepada orang lain. Setiap hari banyak sekali netter-netter (istilah untuk pengguna internet) yang mencari informasi di internet melalui mesin pencari, media sosial, situs berita dan lain-lain. Terkadang karena mereka sedang mengalami masalah dan butuh solusi, atau bisa juga mereka sedang dalam tahap belajar seperti pada murid dan mahasiswa.

Dengan menuliskan sesuatu di blog, kita telah berbagi informasi dan pengetahuan pada pengunjung yang kebetulan sampai di blog kita. Tulisan-tulisan kita insyaAllah dapat menjadi pencerahan bagi mereka dan tentunya ini merupakan sesuatu yang baik dan bermanfaat

4. Blog adalah bagian dari ibadah

Sejalan dengan poin nomor 3, membuat blog akhirnya bisa menjadi sarana ibadah dan mencari pahala bagi kita. Berbuat sesuatu yang bermanfaat meskipun sekecil buah dzarrah sekalipun akan diberikan balasan oleh Allah. Jadi dengan kita membuat blog, kita telah melakukan kebaikan dan membantu sesama.

5. Blog bisa jadi amalan yang tidak terputus

Ada tiga amalan yang tidak terputus saat kita telah meninggal nanti, yaitu Shodaqoh Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh. Dengan membuat blog kita telah berbagi ilmu dan pengetahuan dan jika yang kita tulis itu memberi manfaat kepada pengunjung blog maka tentunya ini adlah investasi pahala setelah kita meninggal dunia nanti.

Selain itu, jika kita menggunakan layanan blog gratis dan selama blog kita tidak dihapus oleh penyedia jasa layanan, maka blog kita akan tetap hidup meskipun kita(pengelola blog) telah mati. Dengan demikian tulisan kita yang bermanfaat akan terus dibaca orang dari waktu ke waktu sampai nantinya blog kita hilang atau dihapus karena alasan tertentu. Sungguh ini insyaAllah akan menjadikan pahala yang tidak terputus untuk kita. Amin.

6. Blog merupakan eksistensi diri

Ini adalah faktor yang tidak begitu penting namun ada baiknya jika kita cermati. Sejalan dengan perkembangan dunia internet, hampir setiap hari kita mengakses smartphone, laptop dan komputer untuk membuka internet. Terkadang untuk membaca berita, mencari makalah, belajar dan atau sekedar untuk hiburan seperti menonton Youtube adau mendownload konten multimedia.

Dalam pergerakan dunia internet yang sudah semakin luas saat ini, ada baiknya kita mempunyai sebuah tempat di internet untuk menunjukkan eksistensi kita dan blog adalah salah satunya. Dengan membuat blog kita akan dikenal dan bisa berpartisipasi terhadap perkembangan dunia internet dan ilmu pengetahuan. Membuat blog bisa jadi sarana balas budi karena kita telah diberi banyak oleh internet.

7. Blog bisa menghasilkan uang

Ini adalah alasan yang bagi sebagian kita terlihat menggiurkan namun bagi sebagian lagi dianggap khayalan atau mustahil. Apakah blog dapat menghasikan uang dan bagaimana blog dapat menghasilkan uang adalah pertanyaan yang lazim disampaikan oleh para blogger maupun calon blogger sebelum membuat blog.

Sebetulnya banyak sekali cara menghasilkan uang melalui internet, khususnya melalui blog. Kita bisa ikut jasa layanan iklan PPC seperti Google Adsense misalnya. Selain dari itu kita juga bisa memasang space iklan pada blog. Dua hal ini tentunya lebih efektif jika blog kita sudah memiliki banyak pengunjung yang berpotensi melihat iklan pada blog kita.

Selain itu masih banyak cara-cara lain untuk menghasilkan uang dari blog seperti dengan menjual produk sendiri misalnya software, template atau bahkan baju, kerajinan atau yang lain. Blog juga bisa menjadi sarana afiliasi bagi kita. Kita pasang saja link-link afiliasi pada blog agar jika nanti ada pengunjung yang tertarik dengan link afiliasi tersebut dan lalu melakukan pembelian, kita akan mendapat komisi dari pembelian tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan yang menurut saya pribadi bisa menjadikan dorongan dan motivasi kita untuk membuat blog. jadi bagi yang memiliki blog, saya ajak untuk membuat blog sekarang. Mari kita ramaikan dunia internet dengan hal-hal yang bermanfaat. Selamat membuat blog dan silahkan taruh nama blog anda yang baru dikolom komentar agar dibaca olah saya dan juga oleh pengunjung blog ini tentunya.

2 komentar:

  1. trima kasih mas pur ilmunya, sy yg gaptek ini mau mencoba buat blog,tapi kalau udah pada tahap pengisian judul dan alamatnya kok alamat tidak tersedia terus ya? kira2 kesalahan nulis saya dimana ya mas.mohon pencerahan mas.makasih banyak sebelumnya mas Pur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kalo alamat blognya sudah didaftarkan sama orang lain ya memang tidak tersedia. Coba cari nama yang lain yang belum dipakai sama orang lain.

      Delete