Saturday, January 24, 2015

Mengenal Domain dan Hosting

Domain dan Hosting merupakan syarat utama sebuah website. Domain merupakan nama sebutan bagi website dan hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data website. Akhiran domain yang paling terkenal dan umum digunakan adalah dot com (.COM). Sedangkan untuk jenis hosting sendiri bermacam-macam, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Kapasitas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 5MB, 100MB, dan bahkan ada yang sampai bergiga-giga.

Apa itu Domain ?

Domain adalah nama unik yang yang merupakan identitas sebuah website di internet. Domain adalah nama yang dipanggil saat kita akan membuka website. Misalnya kita akan mencari sesuatu, kita memanggil website google dengan mengetikkan www.google.com pada address bar browser.

Nama domain diawali dengan www dan diakhiri dengan akhiran domain seperti COM, NET, ORG, CO.ID dan masih banyak akhiran domain lainnya. Domain seperti COM, NET, ORG dan BIZ termasuk jenis Global Top Level Domain atau disingkat Global TLD. Domain-domain ini bersifat umum dapat dipakai disemua negara didunia.

Selain Global TLD ada domain yang terikat pada masing-masing negara seperti misalnya ID untuk Indonesia, SG untuk Singapura dan MY untuk Malaysia. Domain-domain ini disebut dengan Country TLD artinya domain ini hanya bisa digunakan pada wilayah masing-masing negara tersebut.

Selanjutnya domain-domain tadi ada yang dibuat sub domain misalnya di Indonesia ada dibagi seperti berikut ini :
  • CO.ID untuk website komersial
  • GO.ID untuk website pemerintah
  • AC.ID untuk website universitas
  • SCH.ID khusus untuk website sekolah non universitas
  • WEB.ID untuk website perseorangan
Untuk mendapatkan nama domain kita harus melakukan registrasi domain. Registrasi domain ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Misalnya domain COM kebanyakan berbayar dengan masa kontrak minimal 1 tahun. Sedangkan untuk domain TK kita bisa dapatkan secara gratis melalui website www.dot.tk.

Berikut ini contoh screenshot halaman pendaftaran domain di www.masterweb.com :

contoh pendaftaran domain masterweb

Pendaftaran domain global bisa dilakukan secara bebas diseluruh dunia, sedangkan pendaftaran domain country hanya bisa dilayani oleh masing-masing negara pemilik domain, Seperti misalnya pendaftaran domain akhiran ID hanya bisa dilayani di Indonesia melalui PANDI.

Apa itu Sub Domain ?

Sub Domain adalah domain yng merupakan bagian dari domain utama. Misalnya domain www.google.com memiliki beberapa sub domain seperti mail.google.com, drive.google.com dan translate.google.com.

Pada beberapa website yang menyediakan layanan blogging biasanya pengguna akan diberikan nama sub domain secara gratis seperti misalnya www.nulis-ilmu.blogspot.com merupakan sub domain dari www.blogspot.com yang merupakan layanan blog gratis dari google melalui blogger.com.

Apa itu Hosting ?

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data sebuah website. Data-data tersebut bisa berupa file-file script HTML, CSS, Javascript, Image, PHP dan lain-lain atau bisa juga berupa database seperti SQL.

Hosting ini merupakan alokasi memori pada komputer server yang diperuntukkan bagi website. Penggunaan hosting mengacu pada kesepakatan kontrak diantaranya yaitu mengenai berapa besar kapasitas memori penyimpanan dan berapa batas bandwidth yang diijinkan.

Seperti halnya domain, hosting ini juga ada yang gratis dan ada yang berbayar. Beberapa situs ada yang menawarkan hosting secara gratis seperti misalnya yang pernah saya pakai yaitu www.idhostinger.com.

Untuk hosting berbayar biasanya disediakan beberapa paket hosting berdasarkan spesifikasi dan lokasi server. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari yang termurah mulai 5ribu per tahun sampai bisa mencapai jutaan rupiah pertahun.

Peran hosting ini sangat vital, karena setiap akses ke website melalui nama domain akan diarahkan untuk membuak file-file yang ada pada server hosting. Jika server bermasalah akan berakibat website tidak bisa dibuka dan artinya kita kehilangan fungsi website.

2 komentar: