Wednesday, January 21, 2015

Jenis-jenis Website Part 1

Jenis website dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa faktor diantaranya berdasarkan isinya, berdasarkan pengelolaannya dan berdasarkan pendaftarannya. Ada website yang statis dan ada website yang dinamis. Ada pula website yang gratis dan website yang berbayar.

Khusus untuk pengelompokan website berdasarkan isi dan fungsinya dapat digolongkan menjadi beberapa jenis website diantaranya berikut ini. Namun oleh karena panjangnya tulisan maka artikel ini akan dibagi menjadi dua bagian.

Website Berita

adalah website yang berisi konten berita yang diupdate setiap saat. Jadi website berita termasuk jenis website dinamis. Website jenis ini biasanya dikelola secara profesional dan mempunyai tenaga yang mencari sumber berita. Pendapatan dari website ini berasal dari iklan yang masuk ke redaksi.

Contoh website berita yang terkenal didunia diantaranya adalah www.bbc.com, www.cnn.com dan www.foxnews.com. Sedangkan contoh website berita terkemuka diindonesia diantaranya adalah www.detik.com, www.kompas.com dan www.vivanews.com.

Contoh screenshot tampilan website www.bbc.com :

contoh tampilan website www.bbc.com

Contoh screenshot tampilan website www.detik.com :

contoh tampilan website www.detik.com

Website E-commerce

adalah website toko yang menjual barang secara online. Website ecommerce memungkinkan penggunanya melakukan transaksi secara online. Perkembangan website ecommerce akhir-akhir ini relatif naik seiring dengan naiknya penjualan smartphone.

Sekarang kita bisa membeli barang secara online melalui website. Kemudian barang akan segera dikirim ke alamat kita setelah kita melakukan pembayaran dan selesai proses verifikasi alamat pengiriman barang yang kita beli.

Contoh website yang termasuk jajaran papan atas website ecommerce didunia diantaranya adalah www.amazon.com dan www.walmart.com. Selain itu munculnya website ecommerce dari asia juga bisa turut diperhitungkan seperti www.alibaba.com dan www.rakuten.com

Di Indonesia perkembangan website eccommerce juga pesat dengan ditandai munculnya beberapa situs toko online seperti www.lazada.co.id , www.bhinneka.com, www.agoda.com, www.zalora.co.id dan kini *) sedang marak diiklankan ditelevisi yaitu www.tokopedia.co.id

Contoh screenshot tampilan dari www.amazon.com :

contoh tampilan website www.amazon.com

Contoh screenshot tampilan dari www.lazada.co.id :

contoh tampilan website www.lazada.co.id

Website Social Media

adalah website yang memungkinkan interaksi antar penggunanya. Website sosal media mulai populer semenjak adanya website sosial media paling terkenal dinia yaitu www.facebook.com. Pada website sosial media, kita bisa menjalin suatu hubungan dengan pengguna lain seperti layaknya didunia nyata. Kita bisa berbagi status dengan teman ataupun penggemar khusus bagi artis atau publik figur lainnya. Website social media sering disebut juga dengan aplikasi jejaring sosial.

Selain facebook situs socmed (singkatan dari social media) yang lain adalah google+, twitter dan path. Masing-masing website tersebut memiliki ciri tersendiri dalam menghubungkan para penggunanya. Seperti facebook yang menghubungkan pengguna melalui teman atau grup, google+ menghubungkan pengguna melalui circle/lingkaran dan twitter yang menghubungkan antar pengguna melalui follow/mengikuti.

Contoh screenshot tampilan dari www.facebook.com :

contoh tampilan website www.facebook.com

Contoh screenshot tampilan dari plus.google.com :

contoh tampilan website plus.google.com

Contoh screenshot tampilan dari www.twitter.com :

contoh tampilan website www.twitter.com

Website Portal/Komunitas

adalah website yang merupakan berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki kesamaan tertentu. Website jenis ini juga memungkinkan interaksi antar penggunannya namun hanya sebatas membahas permasalahan atau topik tertentu yang biasa disebut dengan thread. Topik yang dimunculkan biasaay bisa berupa informasi/berita atau bisa juga sebuah pertanyaan yang selanjutnya akan direspon oleh pengguna lainnya.

Salah satu website komunitas yang cukup populer di Indonesia adalah www.kaskus.co.id. Situs ini merupakan portal terbesar di Indonesia yang salah satu fiturnya yang cukup populer adalah FJB atau forum jual beli. Situs portal lainnya yang banyak memiliki pengguna adalah forum-forum linux seperti Ubuntu dan Linux Mint.

Contoh screenshot tampilan dari www.kaskus.co.id :

contoh tampilan dari website www.kaskus.co.id

Contoh screenshot tampilan dari www.ubuntuforums.com :

contoh tampilan dari website www.ubuntuforums.com

Untuk jenis-jenis website yang lain seperti website mesin pencari, website profil, website internet banking, website hiburan dan lainnya insyaAllah akan dijelaskan pada tulisan selanjutnya.

Keterangan :
*) = saat artikel ini ditulis

0 komentar

Post a Comment