Tuesday, January 27, 2015

Cara Mudah Membuat Website Untuk Pemula

Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara mudah dalam membuat website. Yang dimaksud disini adalah membuat isi sebuah website sesuai dengan jenis website yang kita inginkan. Cara-cara yang dijelaskan merupakan petunjuk bagi pemula dan tidak cocok bagi para pengembang website yang sudah profesional. Karena memang ini cara yang mudah dan cepat dalam membuat website untuk pemula.

Latar Belakang

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa saat membuat website kita harus membuat isi berupa halaman-halaman yang akan diakses pengunjung website kita. Halaman-halaman ini biasanya tidak hanya berupa teks yang disusun seperti saat kita membuat surat. Namun lebih lanjut bahwa halaman ini berusaha kita buat semenarik mungkin dengan tata letak dan tampilan yang bagus.

Bagi pemula, tidak mudah membuat tampilan website yang bagus dan menarik. Pengalaman saya dulu waktu pertama membuat sebuah halaman index.html dengan microsoft frontpage tampak sulit sekali. Terutama pada saat menata tiap-tiap bagian seperti header, menu, isi, sidebar kiri dan kanan. Saat itu saya menggunakan tabel dan mengatur masing-masing cell didalam tabel agar tampak seperti tampilan yang saya inginkan.

Namun apa jadinya? halaman website yang saya buat dengan susah payah tampak jelek dan berbeda dengan tampilan beberapa website yang saya buka di internet. Disaat kegalauan itu, saya putuskan untuk "Save Page" salah satu website yang saya anggap menarik lalu saya ganti isinya dengan isi dari website saya. Hasilnya lumayan meski kurang puas karena "nyontek" dari orang lain dan juga akan dianggap melanggar aturan hak cipta.

Berdasar pengalaman tadi, saya akan coba berbagi cara mudah dalam membuat dan mengelola website bagi pemula dan bahkan baru pertama kali membuat website. Rahasianya adalah sebuah alat yang disebut Template dan Script. Template berarti pola website yang siap pakai dan tentunya milih yang gratis agar bebas digunakan . Sedangkan Script adalah sofware program yang sudah dibuat dan bebas digunakan untuk membuat dan mengatur isi website.

1. Cara mudah membuat website dengan template CSS

Template CSS adalah sebuah pola tampilan website pakai yang sudah dilengkapi dengan file CSS. File ini berfungsi menyimpan style website, sehingga kita tidak perlu lagi membuat design tata letak website. Template CSS cocok untuk membuat website statis dimana isinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering diupdate.

Sebuah template CSS sudah menyediakan unsur-unsur tampilan website seperti header, footer, menu, isi dan sidebar. Jadi kita tinggal mengganti teks dan gambar yang ada untuk disesuaikan dengan isi website kita.

Ada banyak situs yang menyediakan template CSS gratis. Kita bisa mendownload dan menggunakan template tersebut secara bebas dengan syarat tetap menyertakan kredit situs yang ada pada bagian footer. Dengan template gratis ini kita tidak perlu khawatir akan pelanggaran hak cipta seperti saat kita menggunakan hasil "save page" dari halaman website orang lain.

Untuk mempermudah dalam memilih template, biasanya kita bisa melihat tampilan gambar kecil (thumbnail) dari screenshot template sebelum akhirnya memutuskan untuk mendownloadnya. Untuk tampilan lebih besar sekaligus bisa mencoba kerja template, kita bisa memanfaatkan fitur demo yang biasanya juga telah disediakan.

Contoh screenshot website www.free-css-templates.com yang menyediakan template CSS gratis :

screenshot website penyedia template css gratis

2. Cara mudah membuat website dengan software CMS

CMS adalah singkatan dari Content Management System. CMS merupakan cara mudah dalam membuat script website dinamis. Untuk membuat website kita hanya perlu menginstal script CMS lalu mengatur beberapa konfigurasi yang dibutuhkan termasuk menyediakan database dan koneksinya. Database yang digunakan biasanya database MySQL.

Dengan script dari software CMS, kita tidak perlu membuat script sendiri yang tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Ada banyak software CMS yang disediakan secara gratis seperti joomla, wordpress, drupal, opencart dan prestashop. Kita bisa memilih software CMS yang sesuai dengan jenis website kita.

Software CMS tersebut dapat kita peroleh secara gratis pada situsnya langsung. Kita tinggal download file sesuai dengan versi yang kita pilih, yang biasanya berupa file ZIP. Selanjutnya file yang telah kita download kemudian kita ekstrak pada komputer lokal untuk diedit dan disesuaikan dengan website kita. Setelah selesai proses edit baru kita upload ke server setelah selesai pendaftaran domain dan hosting.

Untuk urusan tampilan, kita bisa menggunakan template yang disediakan sesuai dengan jenis software CMS yang dibutuhkan. Misalnya kita menggunakan CMS joomla, maka kita bisa mengetik kata pencarian "free joomla template" pada google. Dengan template ini tentu website kita akan terlihat lebih menarik dan profesional.

Contoh tampilan website www.joomla24.com yang menyediakan banyak template joomla gratis:

screenshot website penyedia template joomla gratis

3. Cara mudah membuat website dengan blogger.com

Cara ini adalah cara yang termudah dari dua cara sebelumnya. Kita hanya perlu registrasi pada website www.blogger.com kemudian buat blog dan menautkan domain dot com kita ke blog yang telah kita buat tadi. Namun tampaknya cara ini hanya cocok untuk jenis website blogging dan website profil saja. Untuk website jenis lain sebaiknya menggunakan software CMS atau membuat script website sendiri.

Dengan cara ini kita tidak perlu pusing tentang script website dan kemanan karena semua telah disediakan oleh pihak blogger. Untuk urusan tampilan kita bisa cari template blogger yang juga banyak disediakan secara gratis.

Sebelumnya mungkin kita mengenal cara ini dengan cara membuat blogspot, namun point-nya adalah blogger menyediakan fasilitas untuk mengaitkan dengan domain yang kita buat sendiri misalnya dot com. Jadi cara ini bisa kita pakai juga untuk membuat website.

Demikian tiga cara mudah membuat website bagi pemula yang mudah-mudahan bisa membantu bagi yang ingin belajar membuat website sendiri. Untuk detail cara membuat website dengan template CSS, software CMS dan atau melalui blogger.com insyaAllah akan ditulis pada artikel selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment