Tuesday, January 20, 2015

Apa itu Website?

Website adalah sebuah situs yang terhubung pada suatu alamat pada jaringan internet. Website merupakan gabungan dari dua kata yaitu Web yang berarti jaring dan Site yang berarti situs atau tempat. Koneksi website menggunakan jalur internet world wide web (www) dengan protokol HTTP menggunakan port 80 untuk koneksi HTTP dan port 443 untuk koneksi HTTPS (secure).

Sejarah Website

Website ditemukan oleh Tim Barners Lee yang terkenal dengan sebutan Bapak WWW. Oleh karena Lee tidak mematenkan penemuannya, maka penggunaan website menjadi gratis dan tidak dikenakan biaya royalti.

Tujuan awal dibuatnya website adalah sebagai sarana tukar menukar informasi melalui internet antar sesama peneliti. Penggunaan website secara gratis diumumkan pada tanggal 30 april 1993 di CERN tempat Tim Barners Lee bekerja.

Alamat Website

Sebuah website diberi alamat sebagai identitas berupa sebuah nama domain yang diatur pendaftarannya. Ada banyak domain didunia namun yang terkenal adalah .com (dot com). Pendaftaran domain ini memiliki jangka waktu tertentu dan harus diperpanjang masa kontraknya secara berkala. Biaya pendaftaran domain ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

Untuk menyebut alamat website secara lengkap kita menggunakan http://namadomain misalnya http://google.com. Namun pada prakteknya para pengguna internet terbiasa mengakses sebuah alamat website menggunakan www.namadomain misalnya www.google.com. Baik cara pertama maupun cara kedua sama-sama bisa dipakai untuk membuaka sebuah alamat website

Fungsi Website

Fungsi utama sebuah website adalah sebagai sara tukar menukar informasi atau singkatnya sebagai media informasi. namun dalam kehidupan modern saat ini fungsi website sudah jauh lebih luas menjadi sarana hiburan, alat transaksi keuangan, sarana pemasaran dan lain-lain.

Ada juga website yang hanya bertugas sebagai mesin pencari seperti google. Website model ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi dari internet. Jadi pengguna cukup mengetik apa yang ia cari lalu tekan enter dan akan ditampilkan beberapa informasi dari website website yang relevan dengan kata pencarian tadi.

Kemudian ada juga fungsi website yang sedang marak saat ini yaitu social media seperti facebook, google+ dan twitter. Website jenis ini memungkinkan antar penggunannya untuk berinteraksi dalam suatu format hubungan tertentu seperti pertemanan/friend pada facebook, lingkaran/circle pada google+ dan pengikut/follower pada twitter.

Untuk memudahkan kita dalam berbelanja, saat ini juga mulai tumbuh website-website e-commerce yang berfungsi sebagai toko online. Prinsip kerja website jenis ini seperti layaknya toko atau pasar swalayan yang menyediakan barang-barang yang kita butuhkan. Kita bisa melihat jenis, spesifikasi, supplier dan harga barang untuk kemudian memutuskan membelinya atau tidak.

Selanjutnya barang yang kita beli tadi bisa diantar langsung kerumah atau bisa kita ambil pada outlet. Cara pembayaran yang ditawarkan pun cukup menarik dan memudahkan pembeli seperti dengan transfer bank, kartu kredit atau sistem pembayaran ditempat (COD - cash on delivery).

Jenis-jenis Website

Ada beberapa jenis website yang dikelompokkan berdasarkan isi website, fungsi website dan pengelolaan website.

Jenis-jenis website berdasarkan isi dan fungsinya :

  • Website Berita, adalah website yang berisi konten berita yang diupdate setiap saat.
  • Website E-commerce, adalah website toko online yang menjual barang secara online.
  • Website Social Media, adalah website yang memungkinkan interaksi antar penggunanya.
  • Website Profil, adalah website yang berisi informasi profil seseorang, badan usaha atau instansi pemerintah.
  • Website Internet Banking, adalah website yang menyediakan layanan perbankan baik yang bersifat informatif seperti cek saldo dan cek mutasi maupun sarana transfer dan pembayaran
  • Website Search Engine, adalah website yang berisi script mesin pencari untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi di internet.
  • Website Hiburan, adalah website yang menyediakan hiburan berupa gambar, audio dan video termasuk film.
  • Website File Sharing, adalah website yang menyediakan sarana menympan dan berbagi file kepada penggunannya.
  • Website E-Mail Service, adalah website yang menyediakan layanan email gratis bagi para penggunanya.
  • Website Blogging, adalah website yang menyediakan layanan membuat blog secara gratis kepada penggunannya.
  • Website Dewasa, adalah website yang menyediakan konten pornografi.

Jenis-jenis website berdasarkan pengelolaannya :

  • Website Statis, adalah website yang dibuat tidak untuk sering diupdate.
  • Website Dinamis, adalah website yang dibuat dengan sebuah sistem yang memungkinkan untuk update konten website setiap saat.

Jenis-jenis website berdasarkan pendaftarannya :

  • Website Gratis, adalah website yang tidakmemerlukan biaya pendaftaran
  • Website Berbayar, adalah website yang harus membayar agar dapat mendapatkan nama domain dan atau hosting. 

Komponen Website

Untuk membuat sebuah website ada tiga komponen utama yaitu domain. hosting dan isi website. Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website diinternet. Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data isi sebuah website. Dan isi website berupa file-file yang merupakan script yang sesuai dengan fungsi dan tujuan dibuatnya sebuah website.

0 komentar

Post a Comment