Sunday, January 25, 2015

Apa Itu Index.html ?

Index.html adalah sebuah file yang menjadi indeks sebuah website. File ini otomatis dibuka saat kita membuka website dengan memanggil nama domain website. Index html adalah default file dan merupakan file paling penting bagi website. Tanpa file index.html, jika kita membuka website maka browser akan menampilkan file-file lain dalam bentuk tampilan folder bukan tampilan website sesuai design.

Letak file Index.html

File index.html wajib berada pada direktori utama atau direktori root sebuah website. File index.html juga harus berada pada setiap direktori dan sub direktori dalam direktori website. Hal ini dilakukan untuk alasan keamanan agar website aman dari hacking oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Isi file Index.html

File index.html yang berada pada direktori root umumnya berisi tampilan homepage website, yaitu halaman default saat website dibuka dengan nama domainnya. File index.html ini berisi script-script dan tata letak website beserta isi dan link-link didalam website. Dalam sistem website dinamis file index.html menjadi sangat kompleks berbeda dengan website statis.

Sedangkan file index.html pada tiap-tiap direktori dan sub direktori dalam website bisa berisi peringatan untuk tidak diijinkan mengakses halaman atau bisa juga berisi script untuk mengarahkan pengguna ke file index.html pada direktori root. Baik website statis dan website dinamis sebaiknya mewajibkan adanya file index.html pada direktori dan sub direktori dalam website.

File index.html yang berada dalam direktori dan sub direktori akan otomatis dibuka saat pengguna mencoba masuk langsung ke direktori dan sub direktori tersebut. Hal ini mencegah pengguna melihat isi direktori dan sub direktori yang bisa saja menjadi celah keamanan sebuah website.

Apakah harus index.html ?

Sebetulnya ada beberapa nama file yang bisa dipakai untuk file indeks sebuah website, yaitu misalnya :
  • index.html
  • index.htm (ekstensi htm sama dengan html, namun html lebih banyak dipakai)
  • index.php (digunakan jika file index berisi script php)
  • default.htm (pada server windows)
Diantara ke-empat file diatas, file index.html lah yang paling banyak dan paling umum digunakan. Jika dalam file index ada beberapa atau bahkan keseluruhan mengandung script php, maka file index harus disimpan dengan ekstensi .PHP menjadi file index.php.

Contoh file index.html

Sebuah file index.html sederhana hanya dibuat agar memenuhi format html standar seperti head, body, title dan isi.
Berikut ini contoh file index.html sederhana untuk memberitahukan  bahwa situs sedang dalam tahap pembuatan :
 <!DOCTYPE html>    
 <html>    
 <head>  
 <title>Situs dalam Pemeliharaan</title>  
 </head>  
 <body>  
 <div style="text-align:center;margin-top:200px;">  
 <h1>Maaf situs sedang dalam tahap pembuatan.<br/>  
 Silahkan berkunjung lagi besok.</h1>  
 </div>  
 </body>    
 </html>   

Cara Membuat file index.html

Untuk membuat file index.html sebenarnya kita hanya memerlukan aplikasi text editor. Untuk sistem operasi Windows kita bisa gunakan notepad atau notepad++. Dan jika kita menggunakan sistem operasi Linux malah ada banyak sekali pilihan teks editor diantaranya Geany, Bluefish, Pluma, Gedit, Kate dan masih banyak lagi aplikasi teks editor di linux.

Untuk lebih jelas bisa dilihat pada tulisan sebelumnya yang khusus membahas tentang Aplikasi Teks Editor untuk Pemrograman Web.

File index.html juga bisa dibuat secara online pada aplikasi teks editor yang disediakan oleh cpanel atau spanel. Jadi file index.html bisa dibuat dan diedit dimana saa asalkan ada aplikasi teks editor.

2 komentar:

  1. terimakasih banyak sangat membantu memahami

    ReplyDelete
  2. saya punya index.html dan saya ingin membuat jadi begini > https://inisaya.blogspot.html ???
    sebab saya ada buat iklan animate tapi bila di save index.html yang ada..jadi macam mana ?

    ReplyDelete