Saturday, January 31, 2015

10 CMS Terbaik 2015 versi Toptenreviews Part 1

CMS adalah software atau perangkat lunak untuk membuat, mengatur dan mengelola isi website. Dari data yang dirilis oleh toptenviews, setidaknya ada 10 CMS terbaik pada awal tahun 2015 ini. Penilaian didasarkan pada beberapa kriteria sepertitingkat keamanan, add-on, kemudahan kemudian support dan bantuan. Skor tertinggi dalam penilaian adalah 10.

Berikut ini peringkat 1 sampai 5 dari 10 CMS terbaik yang merupakan BEST 2015 menurut toptenreviews.

cms-software-review.toptenreviews.com/

1. ocPortal / skor = 9.5

CMS ocPortal
ocPortal adalah sebuah CMS yang gratis dengan kode program berbasis open source. Dalam situs resminya disebutkan beberapa kepanjangan dari oc diantaranya yaitu online content, online community, online contribution, online collaboration, online corporate, online commerce, online creative dan online communication. ocPortal ditulis dengan bahasa PHP dengan dukungan database MySQL.

ocPortal pertama dikembangkan oleh Chris Graham dari Inggris pada tahun 2004. Kemudian perkembangan ocPortal didukung oleh beberapa programmer seperti Chris Warburton, Paul Duffy dan Philip Withnall. Selain itu tampilan ocPortal juga mendapat dukungan dari kontribusi beberapa desainer seperti Allen Ellis dan Robert Goacher.

Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi ocportal di www.ocportal.com

2. Wordpress / skor = 9.38

CMS wordpress
Adalah sebuah CMS yang sebelumnya merupakan script dari layanan blog gratis wordpress. Wordpress ditulis dengan PHP dengan dukungan database MySQL. Kode program wordpress juga bersifat terbuka seperti ocportal.

Dari segi pengelolaan halaman admin, wordpress merupakan CMS yang simple dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Yang paling saya ingat dari wordpress adalah Page dan Post. kemudian untuk berbagai artikel Post kita bisa kelompokkan dalam kategori yang berbeda. Sangat simpel dan mudah dipahami.

WordPress merupakan versi lanjutan dari b2/cafelog yang dikembangkan pertama kali oleh Michel Valdrighi. WordPress lahir pada tahun 2003 dari jerih payah Matt Mullenweg dan Mike Little dalam melanjutkan proyek b2. Asal mula nama WordPress berasal dari usulan Christine Selleck. WordPress kini telah menjadi CMS terkemuka dan menjadi platform bagi beberapa situs besar seperti CNN, Reuters, The New York Times dan lainnya

Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi wordpress di www.wordpress.com.

3. WebGUI / skor = 9.32

CMS webgui
WebGUI adalah CMS yang bersifat open source dan dirilis dalam naungan GNU Public Lisence. WebGUI ditulis dengan bahasa Perl. Sistem ini memungkinkan keinginan pengguna non-teknis untuk mengatur konten dalam halaman dan layout, mengandung 'Aset' (applet) yang memungkinkan pengunjung website untuk melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis data dari artikel.

Sistem ini awalnya dibangun sebagai kerangka aplikasi (framework) oleh penciptanya Plain Black Corporation untuk mendukung pembangunan kerja pelanggan mereka, tetapi kemudian mayoritas pengguna independen saat ini menggunakannya sebagai CMS dengan berbagai yang ada dalam paket pengiriman.

Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi webgui di www.webgui.org.

4. Drupal / skor = 9.20

CMS Drupal
Drupal juga termasuk CMS yang bersifat opensource dan dirilis dalam lisensi GPL (GNU Public Lisence). Pengembangan Drupal didukung oleh ribuan komunitas pengembang Drupal diseluruh dunia. Drupal dibuat dengan kode program PHP dengan dukungan berbagai jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dan MsSQL.

Drupal pada awalnya ditulis oleh Dries Buytaert sebagai message board. Drupal kemudian menjadi project opensource sejak tahun 2001. Drupal kemudian berkembang pesat sampai data terakhir yang tercatat di wikipedia menyebutkan jumlah website yang menggunakan Drupal mencapai lebih dari 1.015.000 situs pada Februari 2014.

Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi drupal di www.drupal.org.

5. Rubedo / skor = 9.07

CMS rubedo
Rubedo adalah CMS yang bersifat open source & e-commerce yang menargetkan lingkungan membuat situs secara cepat. Rubedo ditulis dengan bahasa program PHP. Saat artikel ini ditulis Rubedo sudah sampai pada rilis 2.1.0.

Sistem Back-end Rubedo dirancang sebagai desktop virtual yang menyatukan semua fungsi admin. Dengan antarmuka tampilan admin terpadu ini kita dapat mengatur berbagai hal seperti editorial content repository untuk artikel dan berita, document repository seperti gambar, suara, video, pdf, dan lain-lain, block repository yaitu sebuah fungsi untuk menata halaman dan user repository untuk pengaturan pengguna.

Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi rubedo di www.rubedo-project.org.

0 komentar

Post a Comment