Saturday, November 22, 2014

Tutorial PHP OOP Part 4 : Membuat dan Menjalankan Method

Method adalah sebuah function yang ditaruh pada class. Method ini merupakan perilaku atau tindakan yang bisa dilakukan terharap class. Jika properti merupakan unsur atau elemen sebuah object maka method lebih kepada bagaimana apa yang bisa dilakukan obyek dan apa yang bisa kita lakukan terhadap obyek seperti memerintah dan mengambil data dari obyek.

Karena berupa function maka semua karakteristik function pada PHP juga berlaku pada method. Seperti contohnya function bisa mengembalikan nilai maka method juga bisa. Jika sebuah class tidak wajib memiliki method.

Membuat Method

Untuk membuat method kita menggunakan perintah yang sama dengan membuat function, yaitu dengan keyword function diikuti dengan nama method dengan sepasang kurung () untuk menempatkan variabel kemudian isi dari method ditarus diantara dua kurung kurawal {}.
 class Nama_Class {  

   function nama_method () {  
     ....// isi method  
   }  
 }  
Dengan cara diatas, secara otomatis kita membuat method dengan akses public. Cara ini sama dengan cara berikut :
 class Nama_Class {  

   public function nama_method () {  
     ....// isi method  
   }  
 }  
Lalu bagaimana jika akan membuat hak akses method seperti saat membuat properti yaitu yang hanya bisa diakses didalam class atau didalam class dan turunannya? Solusinya sama, yaitu kita bisa menggunakan teknik enkapsulasi dengan atribut private atau protected seberti cara berikut :
 class Nama_Class {  

   public function nama_method1 () {  
     ....// isi method  
   }  

   private function nama_method2 () {  
     ....// isi method  
   }  

   protected function nama_method3 () {  
     ....// isi method  
   }  
 }  
Pada contoh diatas, $nama_method2 dibuat private sehingga hanya bisa diakses dari dalam class saja. Sedangkan $nama_method3 dibuat protected artinya bisa diakses dari dalam class dan turunannya saja. Pengertian diakses disini adalah bisa diperintah atau dipanggil untuk menjalankan suatu rangkaian tugas tertentu yang tertulis dalam function.

Mengenai teknik Enkapsulasi insyaAllah akan ditulis pada artikel selanjutnya yang akan membahas lebih detail tentang perbedaan public, private dan protected.

Menjalankan Method

Menjalankan method artinya memanggil function dari dalam class, jadi mirip dengan saat kita memanggil function pada pemrograman PHP prosedural. Bedanya adalah pada pemrograman berorientasi obyek kita memanggil method harus dengan perantaraan object dulu. Pada tulisan sebelumnya tentang membuat dan mengakses properti sudah sekilas terlihat bagaimana menjalankan sebuah method.

Untuk memanggil method diawali dengan nama object lalu tanda "->" kemudian nama method. Sebuah method bisa menjadi setter (pengeset) dan getter (pengambil). Tanda kurung () yang menyertai nama method merupakan tempat untuk menempatkan paramater argumen.

Kita bisa menambahkan satu atau beberapa variabel pada argumen. Masing-masing variabel pada argumen dipisahkan dengan tanda koma. Argumen bisa juga bersifat konstan dan sering disebut dengan default parameter. Artinya jika tidak diset, maka konstanta ini menjadi nilai default bagi method tersebut.
  <?php     
  class Mobil {     
  private $harga;     
  public function set_harga($value) {     
      $this->harga = $value;     
    }     
  public function baca_harga() {    
      return $this->harga;    
    }    
  }     
  //membuat object   
  $mobil = new Mobil();     

  //memanggil method set_harga untuk menyetting properti harga     
  $mobil->set_harga("100.000.000");     

  //mengambil data dari method baca_harga untuk membaca dan menampilkan properti harga    
  echo "Harga = ".$mobil->baca_harga();    
 ?>    
Referensi :

0 komentar

Post a Comment