Saturday, November 22, 2014

Tutorial PHP OOP Part 2 : Membuat Object Dari Class

Object adalah sebuah variabel khusus yang dibuat berdasarkan class. Secara mudahnya object merupakan bentuk nyata sebuah class. Jika pada class dibuat beberapa properti dan method, maka dengan object, properti dan method tersebut bisa disetting dan dipanggil melalui program.

Jadi jika class adalah blueprint-nya maka object adalah realisasi bendanya. Class belum menjadi sebuah obyek sebelum dibuat object-nya. Proses mencetak class menjadi object disebit dengan instantitation (instansiasi).

Membuat Object

Sebuah object hanya bisa dibuat berdasarkan class. Karena berupa variabel, maka untuk membuat object kita menggunakan tanda $ (dollar) diikuti dengan nama object. Setelah nama object kemudian diikuti dengan operator = (sama dengan) kemudian keyword "new", spasi dan nama class.

Script untuk membuat object harus berada dalam kesatuan file PHP dengan class. Jika class berada diluar file, maka class harus di-include ke dalam file PHP yaitu menggunakan apa yang disebut teknik modularitas.
 <?php  
 class Nama_Class {  
   ....  
 }  

 //membuat object
 $nama_object = new Nama_Class;  

 atau   

 $nama_object = new Nama_Class();  
 ?>  

Menentukan nama object

Nama object sebaiknya sama dengan nama class. Jika ingin membuat beberapa object dari class bisa dibuat indek dari nama class. Misalnya ada class bernama "Guru" maka kita membuat object dengan nama "Guru" atau "guru". Kemudian jika ada beberapa object guru kita bisa membuat indek seperti "Guru1", "Guru2" atau "guru1", "guru2".
 <?php  
 class Guru {  
   ....  
 }
  
 $guru = new Guru;  
 $guru1 = new Guru;  
 $guru2 = new Guru;  
 ?>  
Note :Setelah dibuat, object belum bisa melakukan apa-apa sebelum kita lakukan perintah program terhadap properti dan method sesuai dengan yang telah dibuat pada class.

Mengeset properti pada object

Mengeset properti adalah menentukan nilai sebuah properti. Untuk mengeset properti pada object kita menggunakan perintah nama object diikuti dengan tanda "->" lalu nama properti kemudian operator "=" dan nilai properti.
 <?php  
 class Guru {  
   var $nama;  
 }  
 $guru = new Guru;  
 $guru->nama="Sabrina";  
 ?>  

Menggunakan properti pada object

Dan untuk menggunakan properti kita memanggilnya dengan perintah yang sama dengan saat mengeset properti pada object, hanya saja kali ini properti diambil nilainya.
 <?php  
 class Guru {  
   var $nama;  
 }  
 $guru = new Guru;  
 $guru->nama="Sabrina";

 echo $guru->nama;
 ?>  

Memanggil method pada class dengan object

Untuk memanggil method pada class kita menggunakan perintah nama object diikuti dengan tanda "->" lalu nama class lengkap dengan tanda "().
 <?php  
 class Guru {  
   var $nama;

   public function tampil_nama() {
      return "Nama guru = ".$this->nama;
   }  
 }  
 $guru = new Guru;  
 $guru->nama="Sabrina";

 echo $guru->tampil_nama();
 ?>  

Membuat dan mengakses banyak object dari satu class

Seperti ditulis diatas bahwa kita bisa membuat lebih dari satu object berdasarkan sebuah class. Setiap object nantinya akan terpisah namun tetap memiliki properti dan method yang ada pada class. Masing-masing properti dan method pada object ini terpisah dan tidak saling tumpang-tindih (overwrite)
 <?php  
 class Guru {  
   var $nama;  

   public function tampil_guru() {  
   return "Nama Guru = ".$this->nama;  
   }  
 }  

 $guru1 = new Guru;  
 $guru2 = new Guru;  
 $guru3 = new Guru;  

 $guru1->nama="Agus";  
 $guru2->nama="Budi";  
 $guru3->nama="Candra";  

 echo $guru1->tampil_guru()."<br/>";  
 echo $guru2->tampil_guru()."<br/>";  
 echo $guru3->tampil_guru()."<br/>";  
 ?>  
Referensi :

0 komentar

Post a Comment