Saturday, November 8, 2014

Mengenal MySQL dan phpMyAdmin

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem pengelolaan database dengan sistem relational(RDBMS). Saat ini MySQL telah banyak digunakan oleh lebih dari 6 juta pengguna didunia. MySQL menggunakan standar bahasa SQL untuk mengakses database.

Beberapa perusahaan besar seperti Facebook dan Nokia juga menggunakan MySQL untuk pengelolaan database mereka. Sejak awal dirilis, MySQL merupakan perangkat lunak gratis dengan lisensi Open Source GPL (GNU Public Lisence).

Sejarah MySQL

Kelahiran MySQL diawali oleh project aplikasi berbasis website yang dikembangkan oleh perusahaan Swedia TcX. Saat itu mereka mengawali project dengan database UNIREG namun kemudian mengalami masalah karena UNIREG tidak cocok untuk database yang dinamis. TcX kemudian menemukan mSQL sebagai alternatif pengganti namun juga dianggap kurang cepat karena tidak memiliki fitur Indexing.

Kemudian salah satu programmer TcX bernama Michael "Monty" Widenius berisiatif menggabungkan UNIREG dengan mSQL yang memiliki kode sumber terbuka (Open Source). Dan pada tahun 1995 lahirlah sebuah RDBMS baru dengan nama MySQL. Dan pada tahun itu juga, TcX berubah nama menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Kata AB dalam bahasa indonesia sama artinya dengan PT(Perseroan Terbatas).

Pada tanggal 16 januari 2008 MySQL diakuisisi oleh SunMicrosystems. Dan saat Sun Microsystems diakuisisi oleh Oracle pada 20 April 2009, MySQL sepenuhnya menjadi milik Oracle namun tetap dibawah lisensi GPL.

Kelebihan MySQL

  1. Gratis karena bersifat open source dibawah licensi GPL
  2. Dapat berjalan dalam berbagai platform OS seperti Linux, Windows, MacOS dan lain-lain
  3. Mendukung penggunaan multi-user, yang artinya beberapa user dapat menggunakan secara bersamaan.
  4. Kecepatan yang sangat baik ketika menangani kode-kode perintah SQL.
  5. Mendukung sepenuhnya standar bahasa SQL untuk database.
  6. Mendukung banyak tipe variabel seperti integer, float, double, char, text, date dan datetime.
  7. Mendukung penggunaan fungsi dan operator dalam perintah SQL.
  8. Memiliki keamanan yang berlapis seperti nama host, subnetmask, ijin dan akses user serta penggunaan kata sandi ter-enkripsi.
  9. Dapat menangani basis data dalam skala besar lebih dari 50juta record dan 60ribu tabel serta 5 miliar baris.
  10. Mendukung banyak koneksi seperti TCP/IP, Unix Socket dan Named Pipes (NT).
  11. Mendukung multi bahasa termasuk bahasa Indonesia tercinta.
  12. Memiliki interface dalam berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman menggunakan fungsi API.
  13. Dilengkapi dengan berbagai tool untuk administrasi database disertai petunjuk online.
  14. Memiliki struktur tabel yang fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.
  15. Dan yang terakhir adalah perkembangan yang cukup cepat membuat MySQL selalu terkini dalam perkembangan dunia database.

Apakah itu phpMyAdmin ?


phpMyAdmin adalah sebuah perangkat lunak untuk mengelola database MySQl dengan antarmuka grafis (GUI). Penggunaan antarmuka grafis lebih memudahkan daripada antarmuka pengelolaan asli MySQL yang berbasis text. Jadi yang pada MySQL semuanya dilakukan dengan text, pada phpMyAdmin dibuat dalam model grafis.

PHPMyAdmin dibuat dengan kode program PHP dan berjalan pada antarmuka web. Boleh dikatakan kalau PHPMyAdmin adalah sebuah aplikasi grafis berbasis web yang dipakai untuk pengelolaan database MySQL. phpMyAdmin sendiri sepertinya berasal dari kata php, MySQL dan Administrator.

Sejarah phpMyAdmin

PHPMyAdmin pertama dikembangkan oleh Tobias Ratschiller pada tahun 1998. Ratschiller mengembangkan sebuah program bernama Webadmin-MyAdmin yang dihentikan pengerjaannya oleh Petrus Kuppelwieser. Ratschiller sendiri meninggalkan project phpMyAdmin pada tahun 2001 dan selanjutnya pengembangannya diteruskan oleh Oliver Muller berserta tim seperti Marc Delisle, Michal Cihar, Sebastian Mendel, Herman van Rink.

Kelebihan phpMyAdmin

  • Memiliki antarmuka grafis berbasis web sehingga bisa diakses secara luas.
  • Mendukung banyak fitur MySQL
  • Bisa import data dari SQL dan CSV
  • Menyediakan eksport data dalam berbagai format seperti SQl, XLS, CSV, XML, PDF dan Text.
  • Terdapat monitoring proses server seperti koneksi, prosesor, memory dan sebagainya.
  • Serta masih banyk lagi kelebihan lainnya.

Instalasi MySQL Server dan phpMyAdmin

Dalam artikel sebelumnya tentang instalasi Web Server telah dijelaskan tentang instalasi MySQL dan phpMyAdmin. Untuk pengguna Windows, MySQL dan phpMyAdmin sudah langsung terinstal saat menginstal Web Server seperti XAMPP, WAMP dan AppServ.
Khusus untuk pengguna Linux Ubuntu dan turunannya sebaiknya menginstal MySQL dan phpMyAdmin secara individu melalui repository, bukan dengan perangkat lunak seperti LAMPP.

Meski demikian, MySQL server dapat didownload langsung dari situs resminya.
Untuk MySQL server dapat didownload di :
dan untuk phpMyAdmin dapat didownload di :
Referensi :

0 komentar

Post a Comment