Saturday, October 4, 2014

Mengenal Array Pada PHP

Array merupakan variabel kusus yang dapat menyimpan banyak data dengan tipe yang sama. Jadi array merupakan kumpulan beberapa data yang tersusun dalam struktur yang tetap. Urutan susunan data pada array didefinisikan dengan indek.

Array dibutuhkan jika kita mempunyai banyak data untuk satu variabel, misalnya warna ada merah, hijau, biru, kuning dan sebagainya. Dengan array kita bisa melakukan otomatisasi pengambilan data yang sangat banyak pada sebuah field tabel yang sangat tidak efisien jika harus ditulis satu-persatu.

Fungsi Array

Tujuan dari pembuatan array biasanya untuk otomatisasi pengambilan data, dimana perulangan bisa dilakukan dengan mengacu pada indek data pada array. Contohnya untuk menampilkan nama-nama warna kita cukup mendefinisikan nama-nama warna tersebut pada array.

Kemudian dengan logika perulangan seperti WHILE, FOR atau FOREACH kita dapat menampilkan semua nama warna tanpa harus menyebut satu per satu. Array sangat diperlukan ketika jumlah data sudah terhitung banyak atau bahkan sangat banyak seperti saat mengambil record data dari tabel pada database.

Membuat Array pada PHP

Untuk membuat array pada PHP digunakan perintah array().

Ada beberapa cara dalam menyimpan data pada array, yaitu dengan cara memasukkan semua data sekaligus, memasukkan data satu-persatu tanpa indek dan memasukkan data satu-persatu dengan indek.

Contoh memasukkan semua data pada array sekaligus

 $warna=array("Merah","Hijau","Biru");  
Pada contoh terlihat array $warna diisi dengan data Merah, Hijau dan Biru secara bersamaan. Ini berarti data pada $warna indek 0 adalah merah, indek 1 adalah Hijau dan indek 2 adalah Biru.

Contoh memasukkan data pada array satu per satu

 $warna=array();  
 $warna[] = "Merah";  
 $warna[] = "Hijau";  
 $warna[] = "Biru";  
Pada contoh terlihat array $warna diisi satu persatu dengan data Merah, Hijau dan Biru . Hasilnya juga sama dengan cara diatas, yaitu $warna indek 0 adalah merah, indek 1 adalah Hijau dan indek 2 adalah Biru.

Contoh memasukkan data pada array satu per satu dengan menulis indek.

Untuk memasukkan data satu persatu maka nama array bisa ditulis dengan format $nama_array[indek]. Jika indek tidak ditulis maka otomatis program akan mengindek sendiri seperti contoh diatas.
 $warna=array();  
 $warna[2] = "Merah";  
 $warna[0] = "Hijau";  
 $warna[1] = "Biru";   
Pada contoh terlihat array $warna diisi satu persatu dengan indek, yaitu $warna indek 2= Merah, indek 0=Hijau dan indek 1=Biru . Hasilnya menjadi berbeda cara diatas, yaitu $warna indek 0 adalah Hijau, indek 1 adalah Biru dan indek 2 adalah Merah.

Mengambil data dari array

Untuk mengambil data dari array cukup dilakukan dengan menulis nama array beserta indeknya dengan format sama seperti menulis data pada array dengan indek diatas. Ada dua cara dalam mengambil data dari array, yaitu dengan cara menual mengambil data satu per satu atau dengan cara otomatis mengambil data dengan logika perulangan

Contoh mengambil data dari array secara manual satu per satu

 $warna=array("Merah","Hijau","Biru");   
 echo $warna[0]; //menampilkan tulisan Merah  
 echo $warna[1]; //menampilkan tulisan Hijau  
 echo $warna[2]; //menampilkan tulisan Biru  

Contoh mengambil semua data dari array secara otomatis dengan perulangan FOREACH

<?php 
$warna = array("merah","hijau","biru","kuning"); 
 
foreach ($warna as $value) {
  echo "$value <br>";
}
?> 
Untuk jenis-jenis array dan fungsi PHP untuk pengolahan array insyaAllah akan dituliskan pada artikel selanjutnya.

Referensi :

0 komentar

Post a Comment