Saturday, October 18, 2014

Memahami Fungsi Include_once dan Require_once

Include_once dan Require_once adalah fungsi untuk menyertakan sebuah file PHP kedalam file PHP lainnya dan memastikan file yang disertakan tersebut hanya dieksekusi sekali saja meskipun disertakan beberapa kali dalam beberapa baris program. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kesalahan karena eksekusi berulang pada file yang disertakan tadi.

Jadi saat dijalankan, fungsi include_once dan require_once mengecek keberadaan file selama eksekusi script. Jika sudah pernah dijalankan maka penyertaan yang kedua dalam satu script tidak dieksekusi. Include_once dapat digunakan dalam kasus-kasus di mana file yang sama mungkin disertakan dan dievaluasi lebih dari sekali selama eksekusi script tertentu, sehingga dalam hal ini dapat membantu menghindari masalah seperti redefinitions fungsi, penugasan kembali nilai variabel dan sebagainya.

Fungsi include_once

Karakter dari fungsi include_once adalah sama dengan fungsi include, yaitu jika ada error pada file yang disertakan  script dibawahnya akan tetap dijalankan dan browser hanya menampilkan pesan error Warning saja.

Cara penulisan fungsi include_once

 include_once("nama_file_beserta_path");  
 atau  
 include_once "nama_file_beserta_path";  

Contoh penggunaan fungsi include_once

1. Buat script berikut ini pada text editor lalu simpan dengan nama contoh_include_once.php
 <?php   
 echo "Hari ini:".date("Y-m-d");   
 ?>   
2. Buat script untuk file utama yang menyertakan file tadi seperti ini
 <?php   
 include_once('contoh_include_once.php');   
 include_once('contoh_include_once.php');   
 include_once('file_fiktif.php');   
 echo "script dibawah file fiktif";  
 ?>  
3. Jalankan file utama pada browser, jika benar maka tampilan Hari ini beserta tanggan hanya ditampilkan sekali saja dan dibawahnya akan muncul pesan error Warning namun tetap menampilkan tulisan "script dibawah file fiktif". Lebih jelas perhatikan tampilan berikut ini
contoh php include_once

Fungsi require_once

Mirip dengan fungsi include_once, karakter dari require_once juga sama dengan fungsi require, yaitu jika ada error pada file yang disertakan maka browser akan menampilkan Fatal error dan script selanjutnya tidak dijalankan.

Cara penulisan fungsi require_once

 require_once("nama_file_beserta_path");  
 atau  
 require_once "nama_file_beserta_path";  

Contoh penggunaan fungsi require_once

1. Buat script berikut ini pada text editor lalu simpan dengan nama contoh_require_once.php
 <?php   
 echo "Hari ini:".date("Y-m-d");   
 ?>   
2. Buat script untuk file utama yang menyertakan file tadi seperti ini
 <?php   
 require_once('contoh_require_once.php');   
 require_once('contoh_require_once.php');   
 require_once('file_fiktif.php');   
 echo "script dibawah file fiktif";  
 ?>  
3. Jalankan file utama pada browser, jika benar maka tampilan Hari ini beserta tanggan hanya ditampilkan sekali saja dan dibawahnya akan muncul pesan Fatal Error dan tidak menampilkan tulisan "script dibawah file fiktif". Lebih jelas perhatikan tampilan berikut ini
contoh php require_once

Kesimpulan

Fungsi include_once dan require_once digunakan untuk mencegah kesalahan ketika membutuhkan penyertaan file hanya dieksekusi sekali dan dikhawatirkan error jika dieksekusi dua kali atau lebih. Fungsi include_once dan require_once sebaiknya ditaruh pada bagian atas saat penulisan program PH P agar script dibawahnya bisa turut menggunakan file yang disertakan.

Referensi :

0 komentar

Post a Comment