Friday, October 10, 2014

Cara Menggunakan Input Text Pada PHP

Input text merupakan komponen form untuk menerima masukan berupa text pendek. Input text menghasilkan rangkaian huruf atau kata dalam satu baris saja. Untuk menerima masukan text dalam baris banyak harus menggunakan komponen lain, yaitu TEXTAREA.

Untuk menggunakan input text digunakan tag <input> dengan atribut type=text, contoh: <input type="text">. Selain itu bisa digunakan beberapa atribut tambahan seperti name yang berfungsi sebagai identitas elemen form saat pengambilan data dengan PHP dan value yang bisa digunakan untuk menentukan text awal saat input text di load.

Contoh penggunaan sebuah input text pada form :

<form action="" method="post">
<input type="text" name="input" value="">
<input type="submit" name="enter" value="Enter">
</form>
Pada form diatas terdapat satu input text dengan nama input dengan value kosong. Jadi saat menangani form harus mengacu pada nama input. Nama ini bisa bermacam-macam, namun harus beda antara satu dan yang lainnya. Selain input text, pada form ditaruh sebuah tombol submit untu mengeksekusi form.

Berikut ini tampilan form diatas pada browser :


Contoh penanganan input text dengan php :

<?php
if (isset($_POST['enter'])) {
$text = $_POST['input'];
echo "Text masukan : $text";
}
?>

Penjelasan script :

Eksekusi form dimulai jika tombol enter ditekan dengan menggunakan logika if (isset($_POST['enter'])). Selanjutnya data diambil dari form dengan perintah $text = $_POST['input'] dan yang terakhir data ditampilkan pada layar dengan perintah echo "Text masukan : $text".

Cara menggunakan banyak input text pada form

Untuk menerima beberapa field masukan data bisa digunakan banyak input text dalam satu form. Namun yang perlu diperhatikan adalah nama tiap-tiap input text tidak boleh sama. Untuk menangani masukan beberapa input text tersebut, script PHP cukup mengacu ada nama nasing-masing input text. Dalam penataan (layout form) sebaiknya digunakan baris baru untuk setiap input text agar tidak membingungkan.

Contoh penggunaan banyak input text pada form:

<form action="" method="post">
Input 1=<input type="text" name="input1" value=""><br/>
Input 2=<input type="text" name="input2" value=""><br/>
Input 3=<input type="text" name="input3" value=""><br/>
<input type="submit" name="enter" value="Enter">
</form>

Berikut tampilan form diatas pada browser :

Input 1=
Input 2=
Input 3=

Dan berikut script untuk menangani form diatas :

<?php
if (isset($_POST['enter'])) {
$text1 = $_POST['input1'];
$text2 = $_POST['input2'];
$text3 = $_POST['input3'];
echo "Text 1 : $text1 <br/>";
echo "Text 2 : $text2 <br/>";
echo "Text 3 : $text3 <br/>";
}
?>

Penjelasan script :

Pada contoh terdapat tiga buah input text. Masing-masing input text diberi nama yang berbeda, yaitu input1, input2 dan input3. Setiap input dibuat baris baru dengan tag <br/>. Setelah tombol submit ditekan maka program akan mengambil data dari masing-masing input text, yaitu $text1 = $_POST['input1'], $text2 = $_POST['input2'] dan $text3 = $_POST['input3']. Selanjutnya masing-masing data tersebut ditampilkan dengan perintah echo.

Referensi :

0 komentar

Post a Comment