Sunday, October 12, 2014

Cara Menggunakan Input Radio Button Pada PHP

Input radio button adalah masukan untuk memilih salah satu opsi diantara beberapa pilihan. Input radio button sekilas nampak seperti kumpulan beberapa input checkbox namun pada input radio button kita hanya diijinkan untuk memilih satu diantara beberapa pilihan. Saat kita memilih satu opsi  (mencentang) dalam satu input radio button otomatis opsi yang lain akan tidak dipilih (otomatis tidak tercentang).

Cara membuat input radio button pada form

Untuk membuat radio button menggunakan tag <input> dengan atribut type="radio". Seperti yang lainnya, input radio button juga memiliki dua atribut yang dipakai untuk pemrograman, yaitu name dan value. Atribut name digunakan untuk mendefinisian identitas saat pengambilan data dari input radio button. Dan satu lagi adalah atribut value yang merupakan nilai dari input radio button.

Saat membuat input radio button kita harus membuat nama yang sama pada masing-masing input. Yang berbeda dari masing-masing input radio button adalah value-nya. Jumlah opsi minimal pada input radio button adalah dua dan jumlah maksimalnya belum saya ketahui karena sejauh ini belum pernah mengalami kekurangan opsi saat membuat input radio button.

Untuk mendefinisi tiap-tiap input radio button, kita bisa menambahkan keterangan label setelah input radio button. Dan sebaiknya salah satu kondisi input radio button sudah dicentang (checked) saat pertama kali load agar nantinya tidak mengembalikan nilai kosong. Agar input radio button dalam kondisi dicentang saat load bisa digunakan atribut checked.

Penggunaan input radio button

Input radio button digunakan untuk memilih satu diantara beberapa opsi. Jadi pengguna hanya bisa memilih satu opsi saja pada sebuah input radio button. Jika kita menggunakan beberapa input checkbox lalu membuat program untuk menangani hal ini juga bisa, namun menggunakan input radio button lebih simple dan efisien.

Contoh penggunaan input radio button yang paling sederhana yang sering kita jumpai adalah saat memilih jenis kelamin pada form pendaftaran (sign-up).

Menentukan nilai dari input radio button

Sama seperti input checkbox, nilai sebuah radio button sudah ditentukan saat membuat program. Tiap-tiap input radio button harus memiliki nilai yang berbeda. Nilai ini nantinya akan dijadikan masukan dari program untuk melakukan seleksi dengan input radio button.

Mengambil nilai dari input radio button

Cara mengambil nilai dari input radio button mirip dengan input checkbox. Hanya saja kita tidak perlu melakukan pengecekan terhadap masing-masing input radio button. Untuk mengambil nilau kita cukup mengacu pada nama input radio button saja. Hal ini sama dengan saat mengambil nilai dari input text dan input password.

Contoh penggunaan input radio button pada PHP

Membuat input radio button pada form
 <form action="" method="post">  
 <input type="radio" name="buah" value="Apel" checked>Apel<br/>  
 <input type="radio" name="buah" value="Jeruk">Jeruk<br/>  
 <input type="radio" name="buah" value="Semangka">Semangka<br/>  
 <input type="radio" name="buah" value="Salak">Salak<br/>  
 <input type="submit" name="enter" value="Enter">  
</form>  
Tampilan form diatas pada browser

Apel
Jeruk
Semangka
Salak

Membuat script untuk menangani input radio button

 <?php  
 if(isset($_POST['enter']))  
 {  
   echo $_POST['buah'];  
 }  
 ?>  

Penjelasan script

Pada form terdapat input radio button dengan nama buah yang berisi empat opsi, yaitu Apel, Jeruk, Semangka dan Salak. Sekilas mirip dengan input checkbox pada artikel sebelumnya namun jika kita klik akan terlihat perbedaannya. Pada input radio button hanya bisa dipilih satu saja tidak bisa multi seperti input checkbox.
Pada script PHP terlihat bahwa untuk mengambil data dari input radio button cukup menggunakan variabel super global $_POST['buah']. Data tersebut kemudian ditampilkan dengan perintah echo.

Referensi :

1 komentar:

  1. Maaf mas mau tanya, kalo radio button tidak bisa di pilih / checked bagaimana?
    Apakah bisa dalam satu form terdapat 2 radio button?
    Terimakasih

    ReplyDelete