Thursday, October 23, 2014

Cara Mengambil Text Dari File Dengan PHP

Setelah mengerti tentang cara membuka dan menutup file pada PHP, selanjutnya kita akan belajar cara mengambil data text dari file. Fungsi yang digunakan untuk mengambil text dari file adalah fgets() dan fread(). Fungsi fgets() berfungsi membaca isi file tiap baris. Sedangkan fungsi fread() membaca isi file dengan ukuran tertentu (dalam byte). Baik fgets maupun fread mempunyai karakteristik sendiri-sendiri dan bisa digunakan sesuai kondisi pemrograman.

Fungsi fgets()

Digunakan untuk membaca satu baris dari file yang dibuka. Fungsi fgets () dapat mengembalikan data baris demi baris. Fungsi fgets () berhenti mengembalikan baris baru jika parameter panjang ditentukan pada nilai tertentu atau pada akhir file (end of file) tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Jika gagal, fungsi fgets() akan mengembalikan nilai FALSE.

Cara penulisan fungsi fgets()

 fgets(file,panjang_file)  

Contoh penggunaan fungsi fgets() untuk membaca dan menampilkan baris demi baris sebuah file text

 <html>   
 <body>   
 <?php  
 $file = fopen("coba.txt","r");  
 while(! feof($file))  
  {  
  echo fgets($file). "<br />";  
  }  
 fclose($file);  
 ?>  
 </body>   
 </html>  

Penjelasan script

Pada contoh diatas kita masih menggunakan file coba.txt yang kita buat saat belajar membaca file text dengan fungsi readfile(). Pada baris keempat terlihat proses membuka file coba.txt dengan fungsi fopen() mode "r". Selanjutnya dengan perulangan while akan ditampilkan baris demi baris isi file coba.txt sampai akhir file dengan menngecek balikan dari fungsi feof(). Setelah keluar dari proses while, program diakhiri dengan perintah fclose() untuk menutup file.

Fungsi fread()

Digunakan untuk membaca isi file yang sedang dibuka. Fungsi fread mengembalikan nilai string yang terbaca sampai akhir file (end of file) atau sampai panjang yang telah ditentukan. Ukuran panjang dinyatakan dalam byte/karakter. Jika gagal, fungsi fread() akan mengembalikan nilai FALSE.

Berbeda dengan fungsi fgets yang mengambil nilai baris demi baris, fungsi fread mengambil semua karakter secara hard string. Jadi untuk menampilkan baris demi baris pada html harus digunakan fungsi nl2br().

Cara penulisan fungsi fread()

 fread(file,panjang_file)  

Contoh penggunaan fungsi fread()

 <html>   
 <body>   
 <?php  
 $file = fopen("coba.txt","r");  
 echo nl2br(fread($file,filesize("coba.txt")));  
 fclose($file);  
 ?>  
 </body>   
 </html>  

Penjelasan script

Pada contoh kita masih menggunakan file coba.txt seperti contoh penggunaan fungsi fgets(). File coba.txt dibuka dengan fungsi fopen() mode "r". Kemudian isi file ditampilkan baris demi baris dengan fungsi echo dan fungsi nl2br. Semua isi file ditampilkan karena parameter panjang file diisi dengan nilai balikan fungsi dari filesize. Artinya diambil panjang file maksimal. Program diakhiri dengan menutup file menggunakan fungsi fclose().

Referensi :

0 komentar

Post a Comment