Saturday, September 20, 2014

Mengenal Browser dan URL

Browser atau lengkapnya Web Browser adalah sebuah aplikasi untuk menjelajah internet melalui halaman website. Web Browser sering juga disebut dengan Peramban. Browser bertugas membuka halaman-halaman dari sebuah situs sesuai dengan permintaan dari pengguna melalui sebuah alamat yang disebut URL.
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Pengertian URL adalah sebuah susunan huruf yang merupakan penunjuk sebuah alamat situs atau file.
Web Browser pertama bernama WorldWideWeb diciptakan pada tahun 1993 oleh sang penemu internet, Tim Berners-Lee. Beberapa Web Browser yang kemudian muncul diantaranya Mosaic atau kemudian bernama Netscape, Internet Explorer, Opera, Firefox dan Safari. Kemudian Google sebagai raksasa internet juga ikut meluncurkan Web Browser yang diberi nama Google Chrome.

Fungsi Web  Browser saat pembuatan kode HTML

Aplikasi Web Browser dibutuhkan untuk melihat hasil tampilan kode dari file HTML yang kita buat. Hal ini dikarenakan rata-rata para pembuat web menggunakan aplikasi teks editor bukan aplikasi yang support WYSIWYG. WYSIWYG adalah kepanjangan dari What You See is What You Get yang berarti saat kita membuat web kita langsung melihat bentuk jadinya. Contoh aplikasi WSIWYG yang terkenal adalah Microsoft Frontpage dan Adobe Dreamweaver.

5 Web Browser Terbaik

  1. Mozilla Firefox
    dibuat oleh Mozilla Corporation, merupakan salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Salah satu kelebihan Firefox adalah dukungan fasilitas Add-ons yang banyak dan dapat diinstall sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tersedia untuk platform Windows dan Linux.
  2. Google Chrome
    dibuat oleh Google, paling akhir muncul namun dinilai oleh beberapa pengguna sebagai browser tercepat dan teringan. Hal ini membuat Google Chrome sedikit demi sedikit mulai menggusur dominasi Firefox dan Interne Explorer. Google Chrome juga tersedia untuk platform Windows dan Linux.
  3. Apple Safari
    dibuat oleh Apple dan awalnya hanya khusus untuk sistem operasi buatan Apple, Mac OS. Kini Safari tersedia untuk platform Windows dan Linux. Tampilan Safari merupakan tampilan browser tercantik yang pernah saya pakai.
  4. Opera
    dibuat oleh Opera Software Norwegia. Opera merupakan browser terlengkap dan stabil namun kalah bersaing dengan Firefox dan Chrome. Meski demikian, produk opra diplatform mobile yang dikenal dengan Opera Mini merupakan penguasa dibidangnya.
  5. Internet Explorer
    adalah browser buatan Microsoft. Dulu saat Windows 98 dan Windows XP mendominasi sistem operasi komputer dunia, Internet Explorer merupakan browser yang paling banyak dipakai. Namun karena minim pengembangan dan kalah pamor dari Firefox, Internet Explorer pun perlahan-lahan mulai di tinggalkan.
Referensi :

0 komentar

Post a Comment