Saturday, September 20, 2014

Aplikasi Teks Editor untuk Pemrograman Web

Untuk menunjang pembuatan script-script website kita harus mempunyai teks editor yang baik. Sebenarnya menggunakan aplikasi teks editor seperti notepad saja sudah cukup untuk menghasilkan script HTML maupun PHP namun jika script sudah banyak dan kompleks maka aplikasi minimum seperti notepad agaknya sudah tidak cocok lagi.
Mengapa demikian, karena dengan banyaknya script maka tag-tag akan seakin banyak dan pengelompokan script juga semakin luas jadi siperlukan setidaknya fitur syntax highlighting untuk membantu pengelompokan script. Selain itu beberapa fitur seperti auto completion dan accordion juga perlu untuk melokalisir area manakala terjadi masalah.

Syarat-syarat teks editor untuk pembuatan script HTML, PHP, CSS dan JAVASCRIPT

  1. Syntax Highlighter, adalah fitur yang membedakan warna untuk masing-masing bagian script. Misalnya tag dengan warna hijau dan teks dengan warna hitam.
  2. Code Folding, adalah fitur untuk meminimize satu blok script. Jadi script bisa dicek per blok.
  3. Auto Complete, adalah fitur untuk memberikan sugesti terhadap kode yang akan ditulis. Jadi tidak perlu menghafal kode atau setidaknya meringankan kerja dalam mengetik kode.
  4. Auto Recovery, berfungsi jika tiba-tiba terjadi kesalahan daya saat proses mengetik kode sehingga kode yang telah diketik tidak hilang.
  5. Project Manager, adalah fitur ekstra untuk memudahkan proses pengerjaan sebuah proyek website atau aplikasi PHP.
  6. Folder Tree, adalah fitur mirip file manager yang membantu kita dalam proses buka tutup file.
  7. Support multi language script, dengan demikian aplikasi text editor bisa beradaptasi dengan berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, CSS dan JAVASCRIPT.
  8. Freeware, ini bukan syarat utama namun menjadi salah satu syarat manakala kita tidak mau atau tidak mampu membeli aplikasi yang berbayar. Setidaknya keinginan untuk belajar dan berkarya tidak diawali dengan membajak aplikasi yang berbayar.

Berikut ini beberapa aplikasi teks editor yang memenuhi kriteria diatas

1. Notepad++

Merupakan aplikasi text editor yang gratis dan powerfull. Sayangnya Notepad++ hanya tersedia untuk platform OS Windows.
Notepad++ dapat di download disitus resminya di ttp://notepad-plus-plus.org/

2. BlueFish Editor

BlueFish juga termasuk aplikasi text editor yang gratis dan powerfull. Kita bisa memilih mode berbagai bahas pemrograman. Awalnya saya mengenal Bluefish karena saya menggunakan Linux, namun ternyata BlueFish juga tersedia untuk platform Windows.

0 komentar

Post a Comment