Saturday, September 27, 2014

Apakah itu Web Server?

Web Server adalah sebuah perangkat lunak (software) yang bertugas menangani setiap permintaan (request) halaman web oleh pengguna melalui web browser. Jika file yang diminta berupa file HTML maka web server tidak melakukan kompilasi dan cukup mengirimkannya saja kepada pengguna. Namun jika yang diminta adalah file PHP maka web browser harus mengkompilasi dulu menjadi file HTML lalu dikirmkan kepada pengguna. Sebuah web server bekerja pada port 80 untuk HTTP dan port 443 untuk HTTPS (Secure HTTP).

Saat ini seiring dengan perkembangan sistem pemrograman web, maka web server harus ditunjang oleh beberapa aplikasi lain seperti PHP, MYSQL Server dan PHPMyAdmin. PHP merupakan kompiler dari script PHP yang sekarang seolah-olah merupakan standar bahasa pemrograman web. Kemudian MYSQL Server merupakan aplikasi database opensource yang paling populer dalam dunia web. Lalu yang terakhir tadi adalah PHPMyAdmin untuk antarmuka pengelolaan database pada MYSQL Server.

Berikut ini pembahasan tentang Apache, PHP, MySQL dan PHPMyAdmin

Apache Server

Sebelumnya perlu diketahui bahwa web server itu tidak hanya Apache atau bahkan beberapa teman menyebut dengan XAMPP, atau WAMP server atau yang lain. Selain Apache ada beberapa perangkat lunak web server lain yang berbayar seperti Microsoft Internet Information Services (IIS) dan Sun Java Web Server.

Namun Apache merupakan perangkat lunak web server yang cukup terkenal dan banyak dipakai. Apache merupakan perangkat lunak opensource yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Apache pada awalnya memang merupakan perangkat lunak opensource yang dibuat untuk alternatif dari web server Netscape ( sekarang menjadi Sun Java Web Server) yang merupakan salah satu web server berbayar terpopuler saat itu.

Perkembangan Apache kemudian semakin luas karena termasuk opensource dan gratis. Apache sudah menjadi web server terpopuler pada bulan April 1996. Dan pada tahun 1999 penggunanya sudah mencapai 57% kemudian naik menjadi 71% pada tahun 2005. Nama Apache diambil dari nama suku Indian yang terkenal dalam keahlian strategi perangnya.

Untuk mempermudah pengguna dalam proses instalasi web server, sekarang Apache sudah dibundling (jadi-satu) dengan PHP, MYSQL dan PHPMyAdmin. Ada beberapa bundling aplikasi yang dapat dipilih diantaranya XAMPP, WAMP, AppServ dan masih banyak lagi.

Namun khusus untuk pengguna Linux khususnya Ubuntu dan turunannya tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi bundling ini karena pada Linux sudah tersedia masing-masing dari aplikasi Apache, PHP, MYSQL dan PHPMyAdmin pada repositori. Penggunaan aplikasi XAMPP pada Linux misalnya berakibat pada ketidak stabilan kerja server dikarenakan XAMPP membuat lingkungan konfigurasi tersendiri.

Bahasa Pemrograman PHP

Seperti yang telah ditulis pada artikel sebelumnya bahwa PHP merupakan bahasa pemrograman multi guna yang sangat cocok untuk pemrograman website. Kini PHP merupakan unsur yang wajib ada pada web server. Dengan PHP maka pengaturan isi website yang semakin besar dan banyak menjadi lebih mudah dan tertata. Selain itu PHP juga berguna untuk menangani form sebagai interaksi pengguna dengan server.
Saat ini versi terbaru PHP adalah versi 5.6.0

MySQL Database Server

Jika PHP merupakan bahasa pemrograman yang mengatur alur kerja sebuah website maka MySQL merupakan tempat untuk menyimpan dan mengatur data pada website. MySQL dipakai untuk aplikasi database pada website karena ringan dan opensource jadi cocok dengan internet.

Dengan MySQL maka alur kerja PHP menjadi lebih mudah karena data tidak disimpan pada file teks melainkan pada tabel-tabel yang berada pada database MySQL. Saat ini versi terbaru MySQL adalah versi 5.6.21.

PHPmyAdmin

Merupakan aplikasi untuk mempermudah proses manajemen data pada database MySQL. Secara default pengiriman perintah ke MySQL server dilakukan melalui script pada terminal/konsol. Namun dengan adanya PHPmyAdmin kita dapan melakukan proses-proses pada MySQL dengan tampilan grafis seperti membuat database baru, membuat tabel, insert record, browse record dan sebagainya.

Seperti PHP dan MySQL, PHPMyAdmin juga termasuk aplikasi opensource. Saat ini versi terbaru PHPMyAdmin adalah versi 4.2.9 yang sudah kompatibel dengan PHP versi 5.3 dan MySQL versi 5.5.

Referensi :

0 komentar

Post a Comment