Saturday, September 20, 2014

Apakah itu HTML?

HTML adalah kepanjangan dari HyperText Markup Language. HTML merupakan bahasa standar dalam dunia website. Disebut Markup karena terdapat kode yang merupakan perintah bagi browser. Sebagai contoh kode <b> menandai perintah bagi browser untuk mencetak tebal sebuah huruf atau teks. Jadi sebuah file HTML utuh berisi sekumpulan kode yang apabila ditampilkan pada browser dapat membentuk sebuah halaman website. Kode-kode ini selanjutnya disebut dengan TAG.

Standar penulisan HTML diawali dengan <...> dan diakhiri dengan </...>, dimana ... merupakan tag kode HTML. Tag HTML yang paling tinggi adalah <HTML>. Semua kode yang diapit oleh tag HTML akan diencode oleh browser dengan standar encode HTML. Jadi jika kode HTML tidak diletakkan pada tag HTML akan ditampilkan sebagai teks biasa.
Penulisan tag kode HTML tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil.

Contoh file HTML Sederhana

 <!DOCTYPE html>  
 <html>  
  <head>  
  <title>Belajar HTML</title>  
  </head>  
  <body>  
  <p>Ini adalah contoh paragraf</p>  
  </body>  
 </html>  
Jika kode HTML diatas dijalankan pada browser maka akan menghasilkan tampilan berikut ini:

contoh html

Mengenal tag-tag file HTML

Pada contoh file HTML diatas dapat dilihat beberapa tag HTML seperti <html>, <head>, <title>, <body> dan <p>. Dari sekian tag tersebut dilihat bahwa tag <HTML> adalah yang paling luar, lalu dibagi menjadi dua tag besar yaitu <HEAD> dan <BODY>. Baru kemudian didalam tag <HEAD> dan <BODY> terdapat tag tag kecil seperti <TITLE> dan <P>.

Tag <HEAD>

Bagian HEAD berisi informasi yang tidak ditampilkan pada browser, seperti TITLE dan META DATA. TITLE adalah keterangan teks yang ditampilkan pada title window browser. Sedangkan META DATA bisa berisi informasi tentang keyword, character dan name. Selain itu bagian HEAD juga berisi LINK REL terhadap file eksternal yang digunakan oleh file HTML tersebut seperti CSS dan FAVICON.

Tag <BODY>

Bagian BODY merupakan bagian yang akan ditampilkan pada browser. Pada bagian inilah kita mengkreasikan tampilan website agar tampak menarik bagi pembaca. Beberapa tag untuk kreasi tampilan hanya bekerja didalam BODY dan tidak bekerja jika ditaruh pada bagian HEAD.


3 komentar: